Paus Fransiskus Beri Salam Hangat kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Rabu 04-09-2024,15:56 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Mohamad Nur Khotib

Adapun, tema kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus kali ini yakni berkenaan dengan Iman Persaudaraan dan Bela Negara.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Tiba di Indonesia Disambut Hiruk Pikuk Jakarta

BACA JUGA:Paus Fransiskus ke Indonesia, Persis Berharap Muncul Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga memperkenalkan kali pertama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga sebagai Presiden terpilih ke-8 ke Paus Fransiskus.

Prabowo kemudian menghampiri Paus Fransiskus dan menyalaminya seraya merunduk kemudian Prabowo juga salam ke Jokowi.

Paus Fransiskus juga memberikan pesan pentingnya menjaga kerukunan antar bangsa karena menurutnya kerukunan hanya akan bisa dicapai atas komitmen bersama antar bangsa bukan untuk kepentingan pribadi. 

BACA JUGA:Jalin Persaudaraan Lintas Iman, Spirit Perjalanan Paus Fransiskus di Asia Pasifik

BACA JUGA:Jalin Persaudaraan Lintas Iman, Spirit Perjalanan Paus Fransiskus di Asia Pasifik

“Kerukunan dicapai ketika kita berkomitmen tidak hanya demi kepentingan-kepentingan dan visi kita sendiri, tapi demi kebaikan bersama,” pesannya.

Tentu dengan membangun jembatan, memperkokoh kesepakatan dan sinergi, menyatukan kekuatan. Terutama untuk mengalahkan segala bentuk penderitaan moral, ekonomi, dan sosial, dan untuk memajukan perdamaian dan kerukunan.

Di akhir pidatonya, Paus Fransiskus juga turut mendoakan Indonesia agar senantiasa selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa.


Paus Fransiskus menyapa seluruh jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan DPR RI di Istana Merdeka, Rabu, 4 September 2024.--Dok. Kemenhan

“Semoga Allah memberkati Indonesia dengan perdamaian, demi masa depan penuh harapan. Allah memberkati Anda sekalian,” tutup Paus Fransiskus dan disambut tepuk tangan para hadirin. 

Adapun, Prabowo turut berperan dalam mempersiapkan kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia, yaitu dengan menyiapkan Mobil Maung MV3 yang diproduksi oleh PT Pindad. 

Paus Fransiskus dijadwalkan menyapa umat Katolik pada acara Misa Suci yang akan dihelat di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada 5 September 2024. (*)

Kategori :