Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Sosialisasi Kamtibmas Oleh Tiga Pilar Desa Trojalu Perkuat Silaturahmi Antar Perguruan di Trojalu

Senin 09-09-2024,19:10 WIB
Reporter : Elsa Amalia Kartika Putri*)
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Pemerintah Desa Trojalu, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Mereka menggelar sosialisasi Kamtibmas yang ditujukan khusus bagi perguruan silat di wilayah tersebut. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang kondusif serta mempererat tali silaturahmi antar perguruan.

Acara yang berlangsung pada hari Rabu, 25 Mei 2024 ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perguruan silat ternama. Sebut saja seperti Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Persaudaraan Setia Hati Winongo (PSHW), Pagar Nusa (PN), dan Perguruan Silat Al-Hikmah. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Pertemuan RT/RW Kanigoro sebagai Jembatan Komunikasi Warga dan Pemerintah

Dalam kesempatan ini, para pesilat diajak untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Desa Trojalu dan juga sekitarnya.

Bhabinkamtibmas Aiptu Wahyu dalam sambutannya mengingatkan para pesilat agar tidak menyalahgunakan ilmu bela diri yang mereka miliki. Apalagi dalam kegiatan-kegiatan negatif yang menyebabkan kriminalitas.

“Saya berharap perguruan silat di Desa Trojalu tidak memicu tawuran antar perguruan dan tidak menyebabkan kerusuhan yang dapat merugikan warga sipil atau masyarakat,” tegasnya. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Jalan Sehat Kanigoro, Meriahkan HUT RI, Jalin Silaturahmi, dan Promosikan Hidup Sehat

Aiptu Wahyu juga menekankan pentingnya menjaga nama baik perguruan dan menghindari tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Senada dengan Aiptu Wahyu, Babinsa Sertu Supendi juga berharap agar para pesilat dapat berkontribusi positif bagi desa. 

“Saya berharap kedepannya perguruan silat di Desa Trojalu dapat meraih prestasi positif yang dapat membanggakan desa,” ujar Sertu Supendi. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024: Semarak Karnaval Kemerdekaan RW 05 Kelurahan Kebonsari Kulon, Kanigaran, Kota Probolinggo

Prestasi yang dimaksud tidak hanya terbatas pada bidang olahraga, tetapi juga dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kepala Desa Trojalu turut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini. Ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, para pesilat dapat hidup rukun berdampingan. Meskipun mereka berasal dari perguruan yang berbeda. 

“Saya ingin agar Desa Trojalu menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam hal kerukunan dan persatuan,” ungkapnya.

Kategori :