Apple Rilis AirPods Pro 2 yang Bisa Digunakan Untuk Alat Bantu Dengar

Jumat 13-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - Apple baru saja memperkenalkan AirPods Pro 2 bersamaan dengan peluncuran iPhone 16 Series di acara It’s Glow Time. Apple kali ini bukan hanya meningkatan kualitas suara, tetapi juga memperhatikan aspek kesehatan pendengaran penggunanya.

Earbuds nirkabel itu langsung menjadi incaran para pencinta produk Apple, terutama dengan pembaruan fitur yang signifikan. Versi terbaru AirPods Pro 2 kini dilengkapi dengan fitur yang bisa berfungsi sebagai alat bantu dengar klinis.

Dengan fitur tersebut, AirPods Pro 2 dapat menjadi solusi yang lebih terjangkau dan mudah diakses bagi pengguna dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang.

BACA JUGA:Apple It's Glow Time, Munculkan iPhone 16 Hingga AirPods 4

Apple menyebut bahwa fitur itu dirancang untuk memberikan bantuan pendengaran dengan kualitas clinical grade yang mampu meningkatkan suara dengan frekuensi tertentu secara real time. Misalnya, percakapan atau suara lain di sekitar.

Namun, fitur itu masih menunggu persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA), otoritas yang setara dengan BPOM di Amerika Serikat. Apple yakin bahwa persetujuan tersebut akan segera didapat, lengkap dengan izin dari otoritas lainnya.

Setelah persetujuan diterima, pengguna dapat mengaktifkan fitur itu melalui perangkat iPhone atau iPad dengan iOS atau iPadOS 18.

BACA JUGA:Besok Preorder! iPhone 16 Resmi Meluncur, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasinya


Apple hadirkan fitur alat bantu dengar di AirPods Pro 2. --Apple

Proses pengaturan alat bantu dengar itu cukup sederhana. Pengguna akan diminta melakukan tes pendengaran melalui AirPods Pro 2 yang terhubung ke perangkat iPhone atau iPad.

Tes itu melibatkan pemutaran suara di berbagai frekuensi dan meminta pengguna untuk mengonfirmasi, apakah mereka bisa mendengar suara tersebut atau tidak.

Tes tersebut hanya memakan waktu kurang dari lima menit, dan hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk audiogram yang menunjukkan tingkat kehilangan pendengaran di masing-masing telinga.

Berdasarkan hasil tes itu, iPhone atau iPad akan menghasilkan profil suara yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Profil tersebut kemudian diterapkan saat pengguna menggunakan AirPods Pro 2 untuk berbagai aktivitas mendengarkan. Seperti musik, podcast, atau panggilan telepon.

BACA JUGA:AirPods Sebabkan Kanker Ganas? Yuk Cek Faktanya

Selain fitur alat bantu dengar, Apple juga menambahkan mode perlindungan pendengaran pasif. Mode itu bekerja dengan menurunkan volume secara otomatis di lingkungan yang bising, seperti konser musik atau tempat ramai lainnya.

Kategori :