Makin Banyak Warga Jepang Berusia di atas 100 Tahun

Rabu 18-09-2024,10:39 WIB
Reporter : Doan Widhiandono
Editor : Noor Arief Prasetyo

PANJANG umur! Ucapan harapan itu rasanya begitu pas disematkan kepada warga Jepang. Betapa tidak, Negeri Sakura itu baru saja memecahkan rekor. Jumlah penduduk yang berusia 100 tahun atau lebih mencapai 95 ribu orang. Hampir 90 persen di antaranya adalah perempuan.

Data pemerintah tersebut dirilis pada Selasa, 17 September 2024. Angka itu menyoroti krisis demografi yang perlahan memburuk di negara dengan kekuatan ekonomi nomor empat di dunia tersebut. Mereka mengalami penuaan dan penurunan populasi.

Secara detail, disebutkan bahwa Jepang memiliki 95.119 warga berusia seratus tahun ke atas. Naik 2.980 dibandingkan tahun sebelumnya. Kementerian Kesehatan Jepang yang dikutip Agence France-Presse menuliskan bahwa 83.958 warga sepuh itu adalah perempuan. Lalu, sebanyak 11.161 adalah laki-laki. 

Data terpisah menunjukkan bahwa jumlah penduduk berusia 65 tahun ke atas telah mencapai rekor tertinggi. Yakni, 36,25 juta. Itu mencakup 29,3 persen dari populasi Jepang.

BACA JUGA:Kunjungan ke Gunung Fuji Menyusut, Jepang Tetapkan Kuota 4 Ribu Pendaki

BACA JUGA:Pemerintah Resmi Buka Kelas Vokasi Industri Tingkat Internasional Pertama di Jepang

Proporsi itu menempatkan Jepang di puncak daftar 200 negara dan wilayah dengan populasi lansia lebih dari 100.000 orang. Itu berdasar data Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi.

Jepang saat ini adalah rumah bagi orang tertua di dunia, Tomiko Itooka. Perempuan itu pada 23 Mei 1908 dan kini berusia 116 tahun. Data tersebut divalidasi oleh Gerontology Research Group yang berbasis di Amerika Serikat.

Pemegang rekor sebelumnya, Maria Branyas Morera, meninggal bulan lalu di Spanyol pada usia 117 tahun.


LELAKI TUA berjalan di Tokyo, 16 September 2024. Hari itu adalah hari libur untuk menghormati orang lanjut usia.-PHILIP FONG-AFP-

Itooka tinggal di panti jompo di Ashiya, Prefektur Hyogo, Jepang bagian barat.

Dia sering mengucapkan terima kasih kepada staf panti jompo dan selalu merasakan nostalgia tentang kampung halamannya.

"Saya tidak tahu sama sekali apa rahasia umur panjang saya," kata Kiyotaka Mizuno, pria tertua di Jepang yang kini berusia 110 tahun, kepada media lokal.

BACA JUGA:Pangeran Hisahito Raih Usia Dewasa di Tengah Krisis Suksesi Kekaisaran Jepang

BACA JUGA:Topan Shanshan Berubah Badai Tropis, Ganggu Transportasi di Jepang

Kategori :