Tanpa Antre dan Ribet, Daftar NPWP Lebih Mudah dan Cepat via Handphone!

Kamis 19-09-2024,06:13 WIB
Reporter : Angelina Aurellia*
Editor : Heti Palestina Yunani

Nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak ini bisa menjadi sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

BACA JUGA: Cara Mudah Menyematkan Pesan di Telegram untuk Pemula

BACA JUGA: Cara Menghapus Background di Canva Terbaru, Mudah dan Cepat!

Apas sih manfaat memiliki NPWP? Identitas wajib pajak ini memberikan banyak manfaat baik untuk keperluan administrasi perpajakan atau untuk urusan administrasi di luar perpajakan. Fungsi NPWP untuk urusan perpajakan adalah:

1. Sebagai kode unik yang selalu digunakan dalam setiap urusan perpajakan yang membuat data perpajakan Anda tidak akan tertukar dengan wajib pajak lainnya. Fungsi yang ini sangat penting untuk siapa pun. 

2. Bila biaya pajak yang Anda bayar ternyata lebih bayar, pasti Anda berharap uang tersebut bisa kembali. Secara sederhana, inilah yang disebut dengan restitusi pajak. Untuk mengurus prosesnya, syarat utamanya adalah menunjukkan NPWP.

3. Ada perbedaan besaran tarif pajak bagi yang memiliki NPWP dan tidak. Contohnya pada jenis pajak PPh pasal 21. Jika Anda tidak punya NPWP, maka tarif pajak yang dikenakan 20 persen lebih besar daripada wajib pajak yang memiliki NPWP.

BACA JUGA: Cara Hapus Akun Telegram Anda dengan Mudah dan Cepat

BACA JUGA: Hilangkan Iklan yang Membandel di HP Android dan iOS, Inil Cara Praktisnya

Dari fungsi ketiganya itu maka jangan lagi menunda untuk memiliknya ya. Selain itu ada juga lho fungsi NPWP di luar urusan perpajakan. Yang satu ini mungkin saja suatu saat Anda akan butuh. Yakni jika Anda berniat mengajukan kredit ke bank.

Nah, NPWP menjadi dokumen penting yang menjadi syarat pembuatan kredit. Kalau Anda punya usaha, sudah seharusnya memiliki NPWP. Sebab, NPWP diperlukan untuk pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). (*)

*) Mahasiswa magang prodi Sastra Inggris Universitas Airlangga

Kategori :