Baru Saja Bebas, Ini Dia Profil Pilot Susi Air Philip Mark Merthens

Sabtu 21-09-2024,14:40 WIB
Reporter : dave
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Berhasil bebas. Philip Mark Merthens seorang Pilot Susi Air dibebaskan pada 21 September 2024. Ia berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga dan diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika," ucap Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Bayu Suseno.

Setelah sampai di Timika, Philip langsung menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Dan secara umum keadaan Philip masih dalam keadaan sehat. Meskipun ia mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan.

Pilot Susi Air itu berasal dari Selandia Baru. Tepatnya di kota Christchrunch. Istrinya asal Indonesia dan beberapa waktu sebelum disandera ia tinggal bersama di Indonesia. Philip memiliki seorang anak laki-laki berusia 5 tahun. Ia juga merupakan orang yang sayang keluarga.

BACA JUGA:Jokowi Apresiasi TNI-Polri yang Berhasil Bebaskan Pilot Susi Air

BACA JUGA:Pilot Susi Air bebas, Polisi - TNI Gunakan Soft Approach Ke KKB Papua

Pilot Philip sekolah penerbangan di Akademi Penerbangan Internasional Christchrunch. Ia bekerja di Susi Air setelah program sekolah penerbangannya selesai. Dan pada 2016 ia kembali ke Selandia Baru setelah beberapa waktu bekerja di Susi Air.

Sempat bekerja di luar negeri selama 8 tahun dan memutuskan untuk menikah pada 2012. Di 2019 Philip sekeluarga pindah ke Hongkong. Mencari peruntungan lain. Ia pun bekerja untuk Cathay Dragon yang merupakan anak perusahaan Cathay Pasific.

Sayangnya, karena pandemi Covid 19 Cathay Dragon harus gulung tikar. Karena itu Philip kembali menjadi pilot di Susi Air. Sayangnya ia apes, tak sengaja lewati jalur berbahaya dan membuatnya disandera. 7 Februari 2023 menjadi awal penyanderaan dirinya di Papua Pegunungan.

Saat penyanderaan oleh KKB pimpinan Egainus Kogoya, mereka menjanjikan akan membebaskan Pilot Philip setelah setahun penyanderaan. Tapi molor sampai akhirnya Pilot Susi Air itu benar-benar bebas pada Sabtu, 21 September 2024. (*)

BACA JUGA:Operasi Pembebasan Pilot Susi Air, Prajurit TNI Tewas Tertembak

BACA JUGA:Sadis! Selain Menyandera Pilot Susi Air, Egianu Kagoya Bunuh Bocah

Kategori :