Pemerintah Selandia Baru Berterima Kasih atas Pembebasan Pilot Susi Air Setelah 19 Bulan Penyanderaan

Minggu 22-09-2024,19:58 WIB
Reporter : Cindy Berliana Wibowo*
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Menteri Luar Negeri (Menlu) Selandia Baru Winston Peters mengucapkan terima kasih atas keberhasilan Indonesian membebaskan Pilot Susi Air, Phillip Mark Mehrtens.

Philip telah disandera oleh Kelompok Separatis bersenjata (KKB) di Papua sekitar 19 bulan.

Pembebasan Phillip Mark Mehrtens berhasil berkat negosiasi dengan pendekatan soft approach yang dilakukan oleh TNI-Polri bersama dengan berbagai pihak, termasuk keterlibatan tokoh adat, tokoh masyarakat, gereja, dan Kemeterian Luar Negeri dan Perdagangan antara kedua negara.

Winston Peters menyatakan rasa syukur dan terimakasih kepada pemerintah Indonesia atas dedikasinya dan kehati-hatiannya dalam menangani situasi ini, dengan selalu mementingkan keselamatan Phillip. 

BACA JUGA:Susi Pudjiastuti Berterima Kasih atas Pembebasan Pilot Susi Air

BACA JUGA:Jokowi Apresiasi TNI-Polri yang Berhasil Bebaskan Pilot Susi Air

"Kami merasa lega dan senang bisa mengonfirmasi bahwa Phillip Mehrtens dalam keadaan aman dan sehat, serta telah berbicara dengan keluarganya. Berita ini pasti sangat melegakan bagi teman dan orang terdekatnya," ujar Peters.

Selain itu Peters juga menambahkan bahwa keluarga Mehrtens sangat terdampak oleh insiden ini dan berharap privasi mereka bisa dihormati oleh media.

"Kasus ini sangat berdampak pada keluarga Mehrtens yang meminta privasi. Kami berharap media dapat menghormati permintaan mereka, dan kami tidak akan memberikan komentar lebih lanjut saat ini," lanjut Peters.

BACA JUGA:Baru Saja Bebas, Ini Dia Profil Pilot Susi Air Philip Mark Merthens

Diketahui saat ini Pemerintah Indonesia secara resmi telah menyerahkan Phillip kepada pemerintah Selandia Baru.

Proses penyerahan ini dilakukan setelah Phillip tiba di Banadara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 21 September 2024.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menginformasikan bahwa Phillip Mehterns secara resmi telah diserahkan kepada Pemerintah Selandia Baru.

"Saya mewakili pemerintah Republik Indonesia, secara resmi telah menyerahkan Captain Pilot Philip Mehrtens kepada pemerintah Selandia Baru," ujar Hadi Tjahjanto. 

Proses penyerahan tersebut berjalan dengan lancar dan diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Burnett.

Kategori :