Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, Simak Tanda-Tanda Berikut

Sabtu 28-09-2024,06:00 WIB
Reporter : Angelina Aurellia*
Editor : Doan Widhiandono

HARIAN DISWAY - Emas adalah salah satu investasi yang paling populer. Namun, seiring banyaknya jumlah barang palsu, penting untuk mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu.

Salah satu cara paling sederhana adalah dengan melihat cap pada emas. Emas asli biasanya memiliki cap yang menunjukkan kadar emas. Misalnya, 18K atau 24K.

Uji berat juga bisa menjadi indikator yang baik. Emas asli memiliki densitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan logam lain. Sehingga, emas akan terasa lebih berat.

Pengujian magnetis adalah metode lain yang efektif. Emas asli tidak bersifat magnetis. Jadi, jika emas Anda tertarik oleh magnet, kemungkinan besar itu palsu.

BACA JUGA:Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Tembus Rp 1,45 Juta Per Gram!

BACA JUGA:Rekor Harga Emas

Cobalah untuk menggores permukaan emas dengan benda keras. Jika tidak ada bekas goresan yang terlihat, itu bisa jadi tanda bahwa emas tersebut asli.


Ketahui Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu. Emas asli yang berbentuk batangan punya penanda berat yang jelas.-Pexels-

Anda juga bisa melakukan uji asam untuk memastikan keaslian emas. Dengan mengaplikasikan sedikit asam nitrat, Anda dapat melihat reaksi yang terjadi pada logam tersebut.

Salah satu cara klasik adalah dengan melakukan tes visual. Emas asli memiliki kilau yang lebih baik dan warnanya lebih kaya dibandingkan dengan emas palsu.

Perhatikan juga tekstur permukaan emas. Emas asli biasanya memiliki tekstur yang halus dan tidak mudah tergores.

BACA JUGA:Harga Emas Antam 24 Karat Turun Lagi, Berikut Rinciannya!

BACA JUGA:7 Cara Menabung Emas dengan Aman dan Mudah untuk Masa Depan

Menggunakan alat uji emas yang tersedia di pasaran juga dapat membantu. Alat tersebut dirancang khusus untuk menguji keaslian emas dengan akurasi yang tinggi.

Cobalah untuk mencelupkan emas ke dalam air. Emas asli tidak akan berkarat atau berubah warna saat terpapar air.

Kategori :