Momen Ulang Tahun, PT KAI Sebut Stasiun di Indonesia Lebih Bersih dari Eropa

Sabtu 28-09-2024,14:25 WIB
Reporter : Cindy Berliana Wibowo*
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Pada momen ulang tahun yang ke-79, PT KAI Group terus berupaya meningkatkan kualitas layanan dan menjadikan perjalanan kereta api sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi para penumpang. 

Dapat dibuktikan dari kebersihan stasiun-stasiun di Indonesia yang mendapatkan pengakuan positif dari wisatawan asing. Hal ini juga diperkuat dengan studi banding yang dilakukan oleh PT KAI ke berbagai negara di Eropa. 

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, menegaskan bahwa stasiun di Indonesia tak kalah bersih dibandingkan negara-negara seperti Jerman, Perancis, hingga Republik Ceko.

"Silahkan ke Jerman. Silahkan ke Perancis. Even terakhir kita ke Ceko, ke Praha, kita lebih bersih. Ini yang ingin saya membangun suatu kebanggaan," ujarnya saat meresmikan perayaan ulang tahun KAI Wisata yang ke-15 di Stasiun Gambir.

BACA JUGA:KAI Peringati HUT Ke 79 Esok, Bayar Tiket Kereta Ekonomi Dapat Diskon 21 Persen

BACA JUGA:Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Kemenhub dan PT KAI Sediakan 1.664 Unit Kereta Api untuk Kelancaran Perjalanan

Dalam peringatan hari ulang tahun ke-79 PT KAI yang jatuh pada 28 September 2024, PT KAI terus berinovasi untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan.

Salah satu anak usaha yang menjadi central of services  dalam pelayanan pelanggan adalah KAI Services. Perusahaan yang berkantor pusat di Stasiun Mangga Besar ini mendapatkan apresiasi dari para penumpang karena terus memberikan layanan prima. 


PT KAI meningkatkan layanan terbaik untuk penumpang pada momen ultah ke-79-KAI Services-

Nesya, salah seorang penumpang Argo Anggrek, memuji keramahan dan kecepatan pelayanan petugas KAI Services. "Begitu masuk area parkir, saya langsung diarahkan ke tempat yang kosong tanpa harus menunggu lama," katanya.

BACA JUGA:Imbas Kecelakaan Kereta Api di Bandung, PT KAI Lakukan Penyesuaian Pola Operasi

Selain itu, Nesya juga menyoroti kebersihan stasiun yang jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Pengakuan serupa juga datang dari para turis asing serta peserta ASEAN Railway CEOs' Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44 yang digelar belum lama ini.

Petugas keamanan yang selalu siaga di berbagai titik stasiun juga menjadi sorotan. "Saya menanyakan jadwal kereta, dan dengan ramah petugas keamanan memberikan informasi yang saya butuhkan," tambah Nesya.

Teknologi terbaru seperti Face Recognition yang diimplementasikan PT KAI juga memudahkan penumpang, sehingga proses masuk ke stasiun bisa dilakukan tanpa perlu mencetak tiket fisik.


PT KAI terus meningkatkan kualitas layanan pada penumpang dalam momen ulang tahun ke 79-KAI Services-

Nesya merasakan kemudahan saat melakukan boarding dan memuji keramahan pramugara serta pramugari yang selalu menyapa ketika masuk kedalam kereta.

BACA JUGA:KAI Peringati HUT Ke 79 Esok, Bayar Tiket Kereta Ekonomi Dapat Diskon 21 Persen

Komitmen PT KAI dan KAI Services dalam meningkatkan kualitas layanan terus terlihat, sejalan dengan tema ulang tahun PT KAI yang ke-79: Safety & Sustainability. Inovasi seperti pengenalan rangkaian baru kelas ekonomi yang lebih nyaman, hingga teknologi Face Recognition adalah beberapa langkah yang diambil demi menciptakan layanan berkelanjutan.

KAI Services, sebagai anak perusahaan PT KAI, juga terus berupaya menjadi yang terdepan dalam memberikan layanan, mulai dari parkir dengan sistem Resparking by KAI Services, kebersihan oleh petugas OTC, hingga petugas keamanan dan prama prami yang siap melayani dengan sepenuh hati. 

Menurut Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan, perusahaan ini selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang sejalan dengan bisnis PT KAI. "Kami menggunakan teknologi LPR di area parkir dan memberikan pelatihan hospitality kepada para frontliner untuk memastikan setiap penumpang dilayani dengan hati," jelasnya. 

KAI Services terus membuktikan diri sebagai pusat layanan (central of services) PT KAI yang memberikan pelayanan maksimal dari saat penumpang memasuki stasiun hingga berada di kereta api. 

Kategori :