Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Kemenhub dan PT KAI Sediakan 1.664 Unit Kereta Api untuk Kelancaran Perjalanan

Persiapan Angkutan Lebaran 2024, Kemenhub dan PT KAI Sediakan 1.664 Unit Kereta Api untuk Kelancaran Perjalanan

Total ada 1.664 kereta api (KA) dan 366 KA tambahan yang disiapkan untuk mendukung kelancaran perjalanan. -M Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

HARIAN DISWAY - Untuk menyiapkan pelaksanaan angkutan Lebaran 2024, Kemenhub dan PT KAI Daop I mengecek kesiapan pelayanan angkutan kereta api. Total ada 1.664 kereta api (KA) dan 366 KA tambahan yang disiapkan untuk mendukung kelancaran perjalanan.

Untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan layanan angkutan Lebaran 2024 itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta, pada Minggu, 24 Maret 2024.

BACA JUGA: Atasi Membeludaknya Penumpang, Ditjen Hubud Siapkan 420 Unit Pesawat untuk Angkutan Mudik Lebaran 2024

Ada beberapa hal yang bisa diupayakan untuk menunjang kenyamanan penumpang selama melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Pertama, melakukan keberangkatan kereta api (KA) Lebaran dari empat stasiun yang ada yaitu Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Bekasi.

Kedua, yakni penambahan dua rangkaian kereta api baru tujuan Jawa Barat yaitu KA Pangandaran dengan rute Stasiun Gambir-Stasiun Banjar, Tasikmalaya, dan KA Papandayan rute Stasiun Gambir-Stasiun Garut.

"Ini dilakukan untuk memudahkan penumpang dan memecah penumpang sehingga tidak menumpuk di satu stasiun," terang Menhub.

PT KAI Daop I telah menyediakan 1.664 kereta api (KA) dengan rata-rata 76 perjalanan per hari dan 366 KA tambahaan atau rata-rata 17 perjalanan per hari pada masa Angleb 2024.

Atas kesiapan tersebut, Menhub Budi menyampaikan apresiasi untuk para petugas yang sudah memberikan pelayanan optimal kepada para penumpang KA serta koordinasi berbagai pihak untuk mengupayakan kelancaran pelaksanaan angkutan lebaran 2024.

Dalam kunjungannya di Stasiun Pasar Senen, Menhub Budi menyapa para penumpang KA sembari membagikan takjil untuk para penumpang.

BACA JUGA: Kemenparekraf Dan KAI Sebar Diskon 30 Persen Tiket Kereta Api Untuk Wisatawan Selama Mudik Lebaran 2024

"Semua kita lakukan dengan baik. Tadi saya menyapa dan bertanya kepada beberapa penumpang. Mereka rata-rata memberikan apresiasi kepada KAI," katanya.

"Semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi bangsa dan memberikan layanan yang baik agar mudik ceria penuh makna dapat kita laksanakan," jelas menhub selanjutnya.

Dalam kunjungan ini, hadir pula Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal, Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa, Direktur Teknik PT KAI Commuter Denny Haryanto, dan Kepala PT KAI Daop I Jakarta Iwan Eka Saputra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: