GP Mandalika 2024: Martin Tercepat, Acosta dan Bagnaia Sempurnakan Podium

Minggu 29-09-2024,15:57 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

MANDALIKA, HARIAN DISWAY - Jorge Martin kembali dengan semangat baru setelah hanya finis di posisi ke-10 pada Sprint Race hari Sabtu, 28 September 2024. Pembalap tim satelit Ducati-Prima Pramac Racing itu memulai balapan dari posisi terdepan pada Grand Prix MotoGP Mandalika-Indonesia 2024, diikuti oleh Bezzecchi dan Acosta.

Temperatur permukaan lintasan Mandalika menyentuh angka 57°C dengan kelembaban udara sekitar 70%.

Pemilihan ban depan kombinasi Soft dan Hard mendominasi seluruh motor, sementara semua pembalap kompak memilih ban belakang dengan kompon Medium.

BACA JUGA:GP Indonesia 2024: Marc Marquez Finis Perdana di Mandalika, Pecco Bagnaia Menangi Sprint Race

BACA JUGA:Sirkuit Mandalika Masuk Jadwal MotoGP 2025

Jalannya Grand Prix MotoGP Mandalika

Martin melakukan start cepat dan sempurna, langsung memimpin setelah melewati Tikungan pertama. Sayangnya, Alex Marquez, Miller, Aleix Espargaro, dan Luca Marini harus mengalami kecelakaan di Tikungan 2.

Pada lap kedua, Martin masih memimpin di depan Enea Bastianini dan Pedro Acosta.

Di lap ketiga, Acosta naik ke posisi kedua setelah menyalip Bastianini.

Pada lap kelima, Morbidelli naik ke posisi ketiga setelah menyalip Bastianini. Sementara itu, Marc Marquez masih tertahan di posisi ketujuh.

Di lap keenam, Martin unggul 1,2 detik di depan Pedro Acosta. Diggia, yang sabar menempel Marc Marquez dengan pilihan ban Soft-Soft, sukses menyalip Marquez.

BACA JUGA:Quartararo Berjuang dengan Yamaha YZR-M1 saat Mesin Eropa Mendominasi, Sirkuit Mandalika Jadi Ajang Pembuktian!

BACA JUGA:MotoGP 2024: Dari GP San Marino ke Sirkuit Mandalika dan Tantangan Transportasi Global

Dari lap kedelapan hingga lap ke-11, rombongan terdepan diisi oleh Jorge Martin, Pedro Acosta, dan Franco Morbidelli yang berada di tiga besar sementara.

Pada lap ke-12, Marc Marquez harus menepi karena motornya mengalami kendala, sehingga ia tidak bisa melanjutkan balapan.

Lap ke-14, Bastianini berhasil menyalip Bezzecchi dan naik ke posisi keempat. Tim Morbidelli memberi isyarat dari pinggir lintasan agar ia terus menjaga jarak dari ancaman Bastianini yang semakin mendekat.

Kategori :