ARTOTEL TS Suites Surabaya Hadirkan Menu Baru Khas Sulawesi

Senin 07-10-2024,11:51 WIB
Reporter : Della Aulia*
Editor : Guruh Dimas Nugraha

Base-nya saraba terbuat dari jahe, gula merah, kayu manis, dan sedikit merica, yang dapat diseduh. Baik panas maupun dingin. Sebagian besar minuman khas Sulawesi juga menggunakan santan sebagai bahan utamanya,” ujar Aditya.

BACA JUGA:5 Makanan Ini Bantu Jaga Kulitmu Tetap Sehat


(dari kiri) Es Brenebon, Es Palu Butung, Es Saraba, Es Tji Mei untuk menu baru --Dinar Mahkota Parameswari - Harian Disway

Minuman kedua adalah es tji mei, dengan proses pembuatan yang hampir sama seperti saraba. Es batu dimasukkan ke dalam gelas shaker, kemudian ditambahkan santan yang dicampur dengan krim dan susu sebanyak 100 mili, jus stroberi sekitar 30 mili, dan base-nya menggunakan saraba. Kocok semua bahan hingga tercampur sempurna.

Tahap selanjutnya, Aditya memasukkan potongan buah semangka. "Tak harus semangka. Buahnya bisa diganti dengan buah tropikal lainnya," ungkap Aditya.

Kemudian diberi irisan lemon yang sudah dikeringkan di atas minuman dan tambahan manisan pepaya sebagai garnisnya.

Semua menu tersebut tentu mengundang selera dan dapat menarik banyak peminat. Sebab, cita rasa dan aroma khas rempah itu mampu menghadirkan kenangan. Khususnya bagi mereka yang menggemari kuliner Sulawesi.

 

*) Peserta magang Harian Disway, mahasiswa Bahasa dan Sastra Inggris, Universitas Airlangga.

Kategori :