ARTOTEL TS Suites Surabaya Hadirkan Menu Baru Khas Sulawesi

Senin 07-10-2024,11:51 WIB
Reporter : Della Aulia*
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - ARTOTEL Wonderlust Suites Surabaya melaunching menu terbaru. Kali ini hotel tersebut menghadirkan sembilan jenis menu baru. Terinspirasi dari cita rasa khas Sulawesi yang disebut Rasa Nusantara “Citarasa Rempah Sulawesi”.

Ajang itu bertempat di One Deck Gastropub UG Floor pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Ragam makanan Sulawesi memiliki karakteristik yang mencerminkan kekayaan budaya dan sumber daya alam daerahnya. Dengan ciri utama cita rasa asam dan pedas yang khas. Beberapa menu yang disuguhkan ARTOTEL TS Suites: ayam rica, konro iga, ayam tuturuga, coto Makassar, dan mie titi.

“Setelah makanan khas Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, dan Bali, kali ini kami ingin memperkenalkan menu-menu terbaru kami khas Sulawesi kepada para pecinta kuliner Nusantara," ungkap Catur Suyanto, Head Chef ARTOTEL TS Suites Surabaya. Menu itu akan tersedia di sepanjang bulan Oktober dan November 2024.

BACA JUGA:Gelar Pameran Lukisan Art for Nature, ACI dan Wisma Jerman Kolaborasikan Seni dan Lingkungan untuk Masa Depan Hijau

Selanjutnya, Chef Catur Suryanto akan mendemonstrasikan proses pembuatan hidangan ayam rica. Yakni ayam yang dibakar dan dibumbui pedas serta disajikan dengan nasi putih. Menciptakan perpaduan rasa yang menggugah selera.


Head Chef ARTOTEL TS Suites, Catur Suryanto melakukan Demo Memasak Ayam Rica di One Deck Gastropub, Artotel TS Suites Surabaya--Dinar Mahkota Parameswari - Harian Disway

Bahan yang perlu disiapkan untuk bumbunya antara lain: bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, kemiri, jahe, dan daun jeruk. Semuanya diblender hingga halus dan lanjut di-saute.

Kemudian, minyak dalam teflon dipanaskan untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan. Setelah bumbu harum, Chef Catur menambahkan presto kemangi yang dihaluskan dengan campuran olive oil, lalu memasukkan daging ayam yang sebelumnya sudah dibumbui.

BACA JUGA:Klinik Kecantikan Skinda Surabaya Rayakan Anniversary ke-10 Tahun, Kenalkan Treatment Kulit Baru PicoWay Laser dan Ultraformer MPT

Sambil menunggu ayam matang, Chef Catur mulai menyiapkan sambal dabu-dabu khas Manado. Bahan-bahannya meliputi cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah yang diiris tipis. Kemudian dicampur. Selanjutnya, satu buah tomat dipotong dadu kecil dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Ada pun untuk membuat nasinya, pertama, masukkan sedikit minyak yang ditambah irisan daun jeruk. Tambahkan presto kemangi dan nasi yang sudah dicampur dengan bawang goreng ke teflon baru. Kemudian diaduk.


Close Up Ayam Rica untuk menu baru Cita Rasa Rempah Sulawesi di One Deck Gastropub, Artotel TS Suites Surabaya_Selasa, 1 Oktober 2024--Dinar Mahkota Parameswari - Harian Disway

Setelah nasi matang, lanjut dengan menyusunnya di piring. Potong ayam menjadi beberapa bagian dan letakkan diatas nasi. Jangan lupa untuk menambahkan sambal Dabu-dabu diatasnya, dan hidangan Ayam Rica pun siap disajikan.

BACA JUGA:Artotel Wanderlust Rayakan Kemerdekaan Dengan Meluncurkan Gempita Nusantara

Kategori :