Bandara Nusantara Ditarget Tuntas Desember 2024

Selasa 08-10-2024,11:34 WIB
Reporter : Vini Vidi Aulia D*)
Editor : Mohamad Nur Khotib

HARIAN DISWAY - Bandara Nusantara yang dibangun untuk penunjang transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) ditargetkan rampung 100 persen pada Desember 2024 mendatang.

"Pengerjaan landasan pacu sudah 2.200 meter dari total 3.500 meter," jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip Selasa, 8 Oktober 2024.

Untuk saat ini, pengerjaan Bandara Nusantara itu sudah sampai di angka 50 persen. Sedangkan untuk jalan akses utama sudah 98,53 persen, jalan perimeter barat terbangun 66,96 persen, dan jalan perimeter timur mencapai 50,44 persen.

BACA JUGA:Panjang Runway Bandara IKN Ditambah, Akan Kembali Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat Lebih Besar

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Magnum Resort Nusantara di IKN

Pembangunan fasilitas penunjang Bandara Nusantara seperti menara atau tower pemandu lalu lintas udara atau penebangan (air traffic controller/ATC) sudah 53,71 persen dan gedung administrasi dan operasional mencapai 61,03 persen.

Lalu, pengerjaan gedung pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) Bandara Nusantara sudah 68,71 persen,

Sejauh ini pembangunan gedung Bandara Nusantara lainnya yakni terminal very very important person (VVIP) mencapai 90 persen serta terminal very important person (VIP) sudah 80 persen.

BACA JUGA:Jokowi Buka Nusantara TNI Fun Run 2024 di IKN

BACA JUGA:Tiga Negara Ini Pelopori Investasi Asing di IKN

Sebagai informasi, Bandara Nusantara ini dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu, Kemenhub juga membangun bandara lain yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Bandara Nusantara ini, yakni Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan yang bertaraf Internasional.

Kedua bandara ini bersifat komersial hanya bedanya Bandara Nusantara digunakan untuk penerbangan jarak jauh (long distance).

"Jarak kedua bandara tersebut tidak sampai 60 kilometer, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 39 Tahun 2019" Kata Menhub 

*) Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Peserta MBKM Harian Disway

Kategori :