Cara Screenshot di Laptop Windows dan MacBook dengan Mudah dan Cepat

Kamis 10-10-2024,09:45 WIB
Reporter : Melinda Rahma Puspa*
Editor : Salman Muhiddin


Cara screenshot di laptop dengan mudah dan cepat dengan Mac--Pixabay

Bagi pengguna Mac, proses pengambilan screenshot juga tidak kalah mudah. Bahkan, Mac memiliki beberapa shortcut yang praktis untuk berbagai kebutuhan screenshot.

1. Menggunakan Shift + Command + 3

Ingin menangkap seluruh layar di Mac? Tekan saja kombinasi Shift + Command + 3. Hasil screenshot akan otomatis tersimpan di desktop. Cara ini sangat efisien jika Anda sedang terburu-buru dan butuh hasil cepat tanpa harus membuka aplikasi tambahan.

BACA JUGA:Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis, Spek Tinggi!

BACA JUGA:Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Terbaik, Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa!

2. Menggunakan Shift + Command + 4

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot sebagian layar, Anda bisa menekan Shift + Command + 4. Setelah menekan kombinasi ini, kursor Anda akan berubah menjadi crosshair, yang bisa Anda geser dan seret untuk memilih area tertentu yang ingin Anda tangkap. Setelah melepaskan kursor, tangkapan layar akan langsung tersimpan di desktop.

3. Menggunakan Shift + Command + 4 + Space

Fitur ini cocok untuk menangkap jendela aplikasi tertentu. Setelah menekan Shift + Command + 4, tekan Space untuk mengubah crosshair menjadi ikon kamera.

Kemudian, klik pada jendela aplikasi yang ingin Anda screenshot. Hasilnya akan langsung tersimpan di desktop, dan ini sangat berguna jika Anda butuh tangkapan yang rapi dan hanya ingin menampilkan aplikasi spesifik.

Mengambil screenshot di laptop tidak memerlukan aplikasi tambahan karena baik Windows maupun Mac sudah menyediakan fitur bawaan yang sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu mengetahui kombinasi tombol yang tepat, lalu hasilnya bisa segera Anda gunakan.

BACA JUGA:Harga Infinix GT Book Mulai Rp 11,5 juta: Laptop Stylish dengan Performa Gaming!

BACA JUGA:Wow! Laptop Tanpa Layar Pertama di Dunia Bakal Rilis Oktober 2024, Segini Harganya..

Dengan fitur ini, Anda bisa menangkap seluruh layar, jendela aplikasi aktif, atau hanya sebagian layar sesuai kebutuhan. Jadi, sekarang Anda sudah tahu caranya!

Screenshot bisa sangat membantu untuk banyak hal, mulai dari dokumentasi pekerjaan, berbagi informasi dengan rekan, hingga menyimpan momen penting yang muncul di layar laptop Anda. Selamat mencoba!

*) Mahasiswa magang dari jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Airlangga

Kategori :