Hugo Viana Gantikan Txiki Begiristain, Man City Sambut Era Baru?

Sabtu 12-10-2024,14:00 WIB
Reporter : Bagus Aji
Editor : Gunawan Sutanto

Kesepakatan besar pertama Viana di Sporting CP adalah penjualan Bruno Fernandes ke Manchester United pada Januari 2020 dengan biaya awal sebesar €55 juta, ditambah tambahan €25 juta yang sudah dipenuhi.

Pasar transfer musim panas pertama yang penting bagi Viana adalah pada 2021. Saat itu lima pemain baru yang bergabung ke dalam skuad Sporting, termasuk transfer luar biasa gelandang Uruguay, Manuel Ugarte, dari Famalicão seharga €6,5 juta.

Pada bursa transfer musim panas 2023, Hugo Viana dan timnya berhasil mendatangkan sembilan pemain baru. Sementara 17 pemain meninggalkan klub baik melalui status pinjaman, transfer gratis, atau penjualan dengan harga besar.

Di antara pemain yang direkrut adalah Ruben Vinagre dari Wolves seharga €10 juta, Pedro Porro dari Manchester City seharga €8,5 juta, dan Jeremiah St. Juste dari Mainz 05 seharga €9,5 juta.

Namun, penjualan pemain besar juga menjadi sorotan. Hugo Viana berhasil melepas Nuno Mendes ke PSG seharga €38 juta, Joao Palhinha ke Fulham seharga €20 juta, dan Matheus Nunes ke Wolves seharga €45 juta.

Pasar transfer musim panas 2024 mengikuti tren serupa, dengan perekrutan penting seperti Viktor Gyokeres dari Coventry seharga €21 juta, Francisco Trincão dari Barcelona seharga €7 juta, Iván Fresneda dari Valladolid seharga €9 juta, dan Morten Hjulmand dari Lecce seharga €18 juta.

Penjualan besar juga terjadi, seperti Manuel Ugarte yang bergabung dengan PSG seharga €60 juta, dan Pedro Porro yang pindah ke Tottenham seharga €40 juta.

Mungkin jendela transfer terakhir Hugo Viana di Sporting terlihat lebih tenang, dengan klub hanya merekrut kiper Vladan Kovačević dari Raków Częstochowa seharga €5 juta, serta menjual Abdul Fatawu ke Leicester City seharga €17 juta.

Keputusan Manchester City untuk menjadikan jabatan Direktur Olahraga sebagai bagian integral dari operasi sepakbola mereka telah menjadi faktor kunci dalam keberhasilan yang mereka raih.

Kepergian Txiki Begiristain memicu spekulasi lebih lanjut mengenai masa depan Pep Guardiola, yang kontraknya akan habis pada akhir musim ini. Hingga kini, Guardiola belum menyetujui perpanjangan kontrak dan enggan membahas masalah tersebut dalam konferensi pers.

Viana diharapkan dapat memulai perannya dengan membimbing Manchester City menuju siklus kesuksesan berikutnya, baik dengan atau tanpa Pep Guardiola sebagai manajer.(Bagus Aji)

Kategori :