Polri Bangun 13 RS Bhayangkara Periode 2014-2024

Minggu 13-10-2024,07:55 WIB
Reporter : Neha Hasna Maknuna*
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah membangun 13 Rumah Sakit Bhayangkara dalam kurun waktu 10 tahun, yaitu dari 2014 hingga 2024. Saat ini, total Rumah Sakit Bhayangkara yang tersebar di Indonesia mencapai 57 unit.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara merupakan komitmen Polri dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada publik.

Listyo menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, baik untuk anggota Polri maupun masyarakat luas.

“Harapannya, Rumah Sakit Bhayangkara benar-benar bisa memberikan pelayanan terbaik untuk anggota dan masyarakat umum, sehingga keberadaannya dapat dirasakan manfaatnya dan tentunya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan,” ungkap Listyo dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu, 12 Oktober 2024.

Polri merupakan lembaga yang bertugas menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat, melindungi, melayani, dan mengayomi, serta mendukung kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:Daftar 7 Perwira Tinggi Polri yang Dapat Promosi Jabatan

BACA JUGA:Tia Rahmania Sambangi Bareskrim Polri, Ingin Bersihkan Nama Baik

Salah satu wujud nyata dari tugas tersebut adalah dengan menyediakan fasilitas kesehatan sesuai amanah UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sebanyak 13 Rumah Sakit Bhayangkara yang dibangun meliputi RS Bhayangkara Tingkat IV Batam, RS Bhayangkara Tingkat IV Babel, RS Bhayangkara Tingkat IV Banten, RS Bhayangkara Tingkat IV Sulawesi Barat, RS Bhayangkara Tingkat IV Kalimantan Utara, serta RS Bhayangkara Tingkat Papua Barat.

Selanjutnya, ada RS Bhayangkara Tingkat IV Gorontalo, RS Bhayangkara Tingkat IV Sespim Lemdiklat Polri, RS Bhayangkara Tingkat IV Batang Toru, RS Bhayangkara Tingkat IV Cianjur, RS Bhayangkara Tingkat IV Mimika, RS Bhayangkara Tingkat IV Surakarta, dan RS Bhayangkara Tingkat IV Blora.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andika, menuturkan bahwa pembangunan RS Bhayangkara adalah upaya mendukung visi dan misi Polri dalam memberikan kualitas kesehatan yang layak. “RS Bhayangkara akan menjadi bagian integral dari upaya Polri dalam menyediakan layanan kesehatan komprehensif bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Dia berharap pembangunan RS Bhayangkara dapat menjadi wadah untuk membentuk sinergi antara Polri dan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam hal fasilitas kesehatan. (*)

 

Kategori :