Ineos Putus Kontrak Alex Ferguson Sebagai Duta Global Manchester United

Rabu 16-10-2024,00:30 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Gunawan Sutanto

HARIAN DISWAY - Dalam langkah penghematan besar-besaran, Ineos Group yang dipimpin oleh Sir Jim Ratcliffe telah menghentikan kontrak Sir Alex Ferguson sebagai duta global Manchester United.

Langkah ini merupakan bagian dari strategi pengurangan biaya yang lebih luas. Termasuk pemangkasan 250 pekerjaan. Kebijakan ini diambil setelah Ineos membeli 27,7 persen saham di klub tersebut pada Februari lalu.

Peran sebagai duta klub Global Sir Alex Ferguson menjadi korban terkini dari upaya pemangkasan biaya oleh Ineos di Manchester United.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Sir Jim Ratcliffe telah bertemu langsung dengan Sir Alex Ferguson dalam sebuah jamuan tertutup.

Nah di kesempatan itulah Sir Jim Ratcliffe memberitahukan bahwa kontraknya sebagai duta global klub, yang bernilai jutaan pound, telah diputus.

Menurut The Athletic, kontrak duta besar global Sir Alex Ferguson disepakati segera setelah ia pensiun sebagai manajer Manchester United.

Perjanjian tersebut diformalkan pada Oktober 2013, dan ia kabarnya menerima lebih dari £2,16 juta per tahun untuk jasanya.

Nilai kontrak ini terlihat dalam laporan keuangan klub tahun 2013-2014, yang mencakup musim kompetisi Juli 2013 hingga Juni 2014.

Meski perannya sebagai duta besar global telah berakhir, legenda Manchester United tersebut masih akan diterima di klub.

Sir Alex Ferguson tetap berada di dewan sepak bola klub sebagai direktur non-eksekutif, peran yang sebagian besar bersifat seremonial.

Dia tidak lagi berada di dewan resmi, yang sebelumnya juga diisi oleh Sir Bobby Charlton sebelum wafat pada tahun lalu.

Kepergian Ferguson dilaporkan berlangsung damai, dan keputusan ini sepenuhnya dibuat oleh Ineos.

Keluarga Glazer kabarnya masih senang untuk terus membayar Ferguson atas pengaruh abadi yang ia berikan pada klub dan keuangannya secara keseluruhan.

Sir Jim Ratcliffe secara pribadi memberitahu Ferguson tentang keputusan tersebut, namun ia masih berharap Ferguson dapat menghadiri pertandingan kandang dan tandang jika memungkinkan.

Langkah penghematan biaya yang dilakukan oleh Ineos sangat luas, dengan menunjuk firma "konsultan Interpath Advisory" untuk merekomendasikan pengurangan signifikan dalam biaya operasional klub.

Kategori :