Thomas Tuchel Gantikan Southgate, Pimpin Inggris Menuju Piala Dunia 2026

Rabu 16-10-2024,14:17 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Pelatih asal Jerman, Thomas Tuchel sudah deal dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk menjadi manajer baru The Three Lions. Kontrak berdurasi 18 bulan tersebut akan berlaku mulai 1 Januari 2025, menjelang persiapan timnas Inggris untuk Piala Dunia 2026.

Kesepakatan antara FA dan Tuchel sudah rampung, dan pengumuman resmi diharapkan dalam beberapa hari ke depan. Tuchel kemungkinan akan membawa serta asisten pelatihnya, Anthony Barry, yang pernah bekerja sama dengannya di Chelsea dan Bayern Munich.

Penunjukan ini menandai era baru bagi timnas Inggris dan juga menjadikan Tuchel sebagai manajer asal Jerman pertama yang menangani The Three Lions.

Pelatih berusia 51 tahun ini didekati oleh FA sejak bulan lalu, dan setelah negosiasi panjang, kedua belah pihak sepakat bahwa Tuchel akan mengambil alih tanggung jawab timnas Inggris.

Dilansir  dari Skysport kesepakatan Tuchel bernilai sekitar Rp 95 miliar per tahun, setara dengan kontrak terakhir Gareth Southgate dengan FA.

BACA JUGA:Thomas Tuchel Kandidat Utama Pengganti Gareth Southgate di Timnas Inggris?

BACA JUGA:Thomas Tuchel Yakin Gantikan Ten Hag di MU, Rapat INEOS Jadi Penentu!

Sebelumnya, Tuchel memperoleh gaji sebesar Rp 180 miliar per musim saat melatih Bayern Munich, dan kontraknya di Chelsea diperkirakan lebih dari Rp200 miliar per tahun.

Gareth Southgate, yang pertama kali menangani Inggris pada tahun 2016, awalnya memperoleh Rp 34 miliar per tahun, namun pendapatannya meningkat menjadi Rp 56 miliar setelah memperpanjang kontraknya pada 2018.

Pada 2021, Southgate menyepakati kesepakatan baru senilai Rp95 miliar per tahun.

Kesepakatan Tuchel juga mencakup bonus tambahan jika ia berhasil membawa Inggris meraih kemenangan di Piala Dunia 2026.

Penunjukannya mendapat dukungan luas, karena ia dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di Eropa, dengan rekam jejak kesuksesan yang solid.

Langkah FA merekrut Tuchel dipandang sebagai terobosan besar, mengingat Tuchel juga diminati oleh beberapa klub top Eropa seperti Manchester United dan AC Milan.

BACA JUGA:Dicoret Southgate dari Timnas Inggris, Jack Grealish Bersinar di Tangan Lee Carsley

BACA JUGA:Polemik Pelatih Timnas Inggris: Pep Guardiola dan Jurgen Klopp Belum Tentu Bisa

Kategori :