5 Peraih Adhi Makayasa Ini Dipanggil Prabowo, Siap Bergabung di Kabinet 2024-2029?

Rabu 16-10-2024,16:08 WIB
Reporter : Syahida Rizky*
Editor : Gunawan Sutanto

BACA JUGA:Daftar 49 Tokoh Calon Menteri yang Dipanggil Prabowo, sebagai Apa Posisinya?

Muhammad Herindra, lulusan Adhi Makayasa dari Akmil 1987, dikenal dekat dengan Prabowo. Keduanya berasal dari kecabangan infanteri Kopassus TNI AD, meskipun berbeda angkatan.

Prabowo lulus dari Akmil 1974. Sementara Herindra lulus pada 1987 dan menjadi salah satu perwira terbaik di angkatannya.

Sejak awal, Prabowo mengakui Herindra sebagai sosok yang memiliki potensi besar dalam dunia militer dan intelijen.

Selain Herindra, nama lain yang turut dipanggil adalah Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian, yang saat ini menjabat Menteri Dalam Negeri.

Tito merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1987. Kariernya di kepolisian benar-benar gemilang hingga dijuluki The Rising Star.

Ketika ditunjuk sebagai Kapolri pada 2016, Tito merupakan komjen termuda. Reserse yang turut melumpuhkan gembong teroris Dr Azahari di Songgoriti, Kota Batu pada 2005 tersebut melewati empat angkatan di atasnya. Yakni lulusan 1983, 1984, 1985, dan 1986.

Tito tidak banyak berkomentar mengenai posisinya di kabinet mendatang. Ia hanya menyebutkan bahwa posisi tersebut merupakan kewenangan sepenuhnya dari presiden terpilih.

Selain Herindra dan Tito, tiga nama lainnya yang juga dipanggil adalah Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto, Letkol Kav (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara, dan Mayor Inf (Purn) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Donny Ermawan Taufanto, saat ini menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Donny adalah lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988.

Donny Ermawan Taufanto memiliki pengalaman panjang di TNI AU. Ia pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Iswahyudi serta Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II.

Selanjutnya ada Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara. Ia memilih pensiun dini dari militer setelah 20 tahun mengabdi dengan pangkat terakhir Letkol.

Saat ini, Iftitah lebih fokus pada dunia usaha dan politik. Sulaiman dikenal sebagai seorang pengusaha dan politikus Partai Demokrat yang bergabung pada 2019. 


Sambutan Menteri AHY saat melantik 67 Pejabat Struktural dan Fungsional untuk Kementerian ATR/BPN-Istimewa-

Yang terakhir, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang saat ini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Pertahanan Nasional (BPN).

AHY merupakan lulusan terbaik Akmil 2000. AHY menyelesaikan pendidikan Akmil dengan meraih dua penghargaan bergengsi.

Kategori :