Daftar 49 Tokoh Calon Menteri yang Dipanggil Prabowo, sebagai Apa Posisinya?

Daftar 49 Tokoh Calon Menteri yang Dipanggil Prabowo, sebagai Apa Posisinya?

Presiden terpilih Prabowo Subianto beraudiensi dengan calon menteri yang akan dimintanya bergabung dalam kabinet pemerintahan 2024-2029. Sebanyak 49 orang dipanggil di kediamannya Kertanegara, Jakarta Barat. --

HARIAN DISWAY - Presiden terpilih Prabowo Subianto beraudiensi dengan calon menteri yang akan dimintanya bergabung dalam kabinet pemerintahan 2024-2029. Sebanyak 49 orang dipanggil di kediamannya Kertanegara, Jakarta Barat.  

Pada pertemuan pada Senin, 14 Oktober 2024 itu, Prabowo memberikan arahan tugas yang akan diisi oleh tokoh yang hadir juga untuk memberikan konfirmasi mereka atas ketersediaan untuk membantu pada pemerintahan Prabowo.  

Pemanggilan tokoh ini di gadang-gadang akan menjadi calon menteri berikutnya. Pemanggilan akan terus berlanjut hingga hari ini, Selasa, 15 Oktober 2024. Pada pertemuan ini Prabowo menekankan soal kebijakan yang akan diambil.

BACA JUGA: Kabinet Gemoy Berisi 107 Orang, Prabowo-Gibran Beri Pembekalan Hari Ini

Berkaitan dengan kementerian dan lembaga yang akan dijabat. Setidaknya Prabowo masih memiliki waktu hingga 20 Oktober mendatang. Berikut daftar nama dan perkiraan jabatan 49 tokoh yang dipanggil Prabowo

  1. Prasetio Hadi Calon Menteri sekretaris Negara. Ketua DPP Partai Gerindra mengungkapkan dirinya diminta Prabowo pada fungsi koordinasi. “Beliau memberi banyak gambaran bahwa kedepan target dan program prioritas sangat berat sehingga membutuhkan koordinasi antara kementerian dan sinergi. Jadi penekanan beliau pada hal-hal yang membuat kita bersatu padu,” terang Prasetio.
  2. Sugiono Calon Menteri Luar Negeri. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra  dikabarkan mengisi posisi Luar Negeri berdasar pada pengalaman politik dan pendidikan Sugiono juga menjadi orang kepercayaan Prabowo dengan menjabat sebagai Wakil ketua Umum.  
  3. Natalius Pigai Calon Menteri HAM. Rekam jejaknya sebagai mantan Eks komisioner Komnas HAM. Ia menyampaikan harapan Prabowo padanya jika kebijakan yang akan dibuat nantinya sesuai dengan kepentingan bangsa. “Jadi bapak ingin mencerminkan kebijakan dan juga akomodasi kepentingan bangsa, sebagai perwujudan daripada candra kebangsaan kebhinekaan, itu aja,” ujar Natalius.
  4. Widiyanti Putri Wardhana, Pengusaha Calon Menteri Ekonomi Kreatif 
  5. Yandri Susanto Calon Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. Pada pertemuan ini Wakil Ketua umum PAN ini, tidak menjelaskan secara spesifik soal posnya. Namun dari perbincangannya bersama Prabowo terkait demografi dan geografi Indonesia “Salah satunya ya bahwa di Indonesia in kan ada kota, ada desa kan banyak. Penduduk terbanyak di desa kemudian dan sebagainya,” terang Yadri. 
  6. Maruarar Sirait Calon Menteri Perumahan. Politisi Partai Gerindra ini, disebut akan mengisi posisi pada menteri perumahan. Namun ia sendiri tidak memberikan keterangan. Ia hanya berharap bisa membantu pemerintahan Prabowo dengan maksimal.
  7. Fadli Zon, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Calon Menteri Kebudayaan 
  8. Nusron Wahid, Politikus Partai Gerindra Calon Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional 
  9. Saiful yusuf, Menteri Sosial, tetap pada posisi Menteri Sosial 
  10. Abdul Kadir Karding Calon Menteri Tenaga Kerja/ Perlindungan Pekerja Migran. Politikus PKB ini, diminta untuk membantu soal buruh imigran. “Kami berharap dari situ juga nanti akan membantu membuka lapangan kerja terutama di sektor yang ada di luar negeri,” ucap Saiful
  11. Wihaji Calon Menteri Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Wakil Ketua Umum Golkar ini mengaku diminta untuk mengurus persoalan ibu hamil juga gizi buruk.“Berkenaan dengan hal-hal masa depan generasi Indonesia, khususnya pada beberapa problem yang mesti ditindaklanjuti secara cepat dan efektif,” kata Wihaji. 
  12. Agus Harimurti Yudhoyono Calon Menteri Koordinator Kemasyarakatan. Ketua Umum Partai Demokrat ini menyampaikan jika diminta soal pembangunan yang strategis di kabinet mendatang. “Beliau ingin pembangunan ke depan semakin sukses, pembangunan itu fisik maupun SDM,” ungkap Agus. 
  13. Teuku Riefky Harsya Calon Menteri Bidang Digital dan Kreatif.  Sekjen Partai Demokrat ini mengatakan jika perbincangan dengan Prabowo menyinggung soal sumber daya manusia yang kreatif. “Tentang kesempatan kepada anak muda untuk terus berkreasi dan tentu harus didukung agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan menyumbang PDB kita,” terang Teuku. 
  14. Arifatul Choiri Fauzi, Muslimat NU Calon Menteri Pemberdayaan Perempuan 
  15. Tito Karnavian tetap pada Menteri Dalam Negeri. Dirinya diminta untuk meneruskan upaya penanganan inflasi. “Saya sampaikan akan tetap saya laksanakan setiap minggu sampai ada perintah untuk diberhentikan,” 
  16. Zulkifli Hasan calon Menteri Koordinator. Menteri Perdagangan saat ini, Zulkifli mengungkapkan isu yang dibahas dengan Prabowo soal swasembada pangan. “Kita tidak punya waktu yang panjang, waktunya pendek kan, agar kita bisa swasembada pangan, agar kita bisa menjadi negara maju di 2045,” terang Zulkifli.
  17. Yassierli, Akamedisi Calon Menteri/ Wamen bidang Pendidikan Tinggi Ristek
  18. Satryo Soemantri Brodjonegoro, Akademisi, Calon Menteri Pendidikan Tinggi
  19. Yusril Ihza Mahendra Calon Menteri Koordinator Hukum dan HAM. Pakar Hukum Tata Negara ini mengaku diminta Prabowo untuk mengisi posisi tersebut. Posisi Koordinator Hukum dan HAM adalah posisi menteri yang baru perpecahan dari Menko Polhukam.
  20. Bahlil Lahadalia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, tetap menjadi Menteri ESDM
  21. Abdul Mu'ti Calon Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah. Sekretaris Umum PP Muhammadiyah ini diamanahi untuk menjabat pada posisi Pendidikan Dasar dan Menengah. "Tadi Pak Prabowo menyampaikan memberikan amanah pada saya untuk memimpin kementerian pendidikan dasar dan menengah,” ujar  Abdul. 
  22. Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB
  23. Raja Juli Antoni, Sekjen PSI Calon Menteri Kehutanan
  24. Agus Gumiwang tetap menjadi Menteri Perindustrian. Ketua Dewan Pembina Partai Golkar ini, disebut-sebut akan kembali menjabat posisi Menteri Perindustrian.  
  25. Pratikno Calon Menteri Koordinator Pembangunan Manusia. Menteri Sekretaris Negara saat ini mengungkapkan isu yang disampaikan Prabowo kepadanya. "Apakah itu pengentasan kemiskinan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), apapun," kata Pratikno.
  26. Iftitah Sulaiman Calon Menteri Transmigrasi. Seorang Pengusaha ini diminta dalam membuat rancangan soal pembangunan di Indonesia Timur. Namun, lebih spesifiknya di bagian apa tidak ia sampaikan.
  27. Komjen Agus Andrianto - , Calon Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan. Posisi ini merupakan pecahan dari Kementerian Hukum dan HAM yang dibentuk dari gabungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi dan Ditjen Pemasyarakatan. Wakapolri ini mengatakan jika tugasnya sesuai dengan profesinya sebagai anggota Bhayangkara. 
  28. Ribka Haluk Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA). Pj Gubernur Papua ini memiliki rekam jejak sebagai eks Kepala Bagian (Kaban) Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KB), Kabupaten Jayawijaya, pada tahun 2011
  29. Maman Abdurahman Calon Menteri UMKM. P olitisi Partai Golkar telah mengkonfirmasi akan menjabat sebagai Menteri UMKM di era Prabowo. 
  30. Rachmat Pambudy, Akademisi Calon Menteri PPN / Kepala Bappenas
  31. Hanif Faisol Nurofiq, Dirjen KLHK Calon Menteri Lingkungan Hidup
  32. Erick Thohir, tetap menjadi Menteri BUMN. Erick Thohir dalam obrolannya bersama Prabowo membahas isu internasional. Terkait pastinya Erick Thohir tidak memberikan keterangan pasti.
  33. Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian, tetap menjadi Calon Menteri Pertanian
  34. Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal, Calon Menteri Agama
  35. Dito Ariotedjo, Menpora, tetap menjadi calon Menpora
  36. Budi Gunadi Sadikin tetap menjadi Calon Menteri Kesehatan. Menurut keterangannya isu yang dibahas Prabowo seputar masalah kesehatan. 
  37. Sultan Bachtiar Najamudin, Ketua DPD RI
  38. Raden Dodi Priyono, Kepala Bagian Administrasi Penganggaran, Biro Perencanaan Anggaran dan Kerja Sama Luar Negeri Sekjen PUPR
  39. Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan, tetap calon Menteri Kelautan dan Perikanan
  40. Budi Santoso, Sekjen Kemendag, calon Menteri Perdagangan
  41. Dudy Purwagandhi, Dewan Komisaris PLN, calon Menteri Perhubungan
  42. Airlangga Hartarto tetap menjadi Calon Menko Perekonomian. Dia mengungkapkan mendapat peirntah untuk menjaga kondisi perekonomian agar tetap stabil."Pembicaraan dengan beliau meminta untuk terus menjaga situasi perekonomian yang juga sekarang menghadapi tantangan yang luar biasa dan geo politik dan tentu juga masalah pangan dan masalah energi menjadi krusial di situasi seperti ini," kata Airlangga kepada awak media.
  43. Sri Mulyani tetap menjadi Calon Menteri Keuangan. Dia mengatakn jika dirinya akan kembali bertugas pada posisi kemenkeu. “Pada saat pembentukan kabinet, beliau meminta saya untuk menjadi menteri keuangan kembali,” kata Sri Mulyani. 
  44. Veronica Tan, Mantan Ketua TP PKK Jakarta, Calon Menteri/Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan
  45. Supratman Andi Agtas tetap sebagai Calon Menteri Hukum dan HAM.
  46. Donny Ermawan Taufanto, Plt Sekjen Kemhan
  47. Rosan Roeslani tetap menjadi calon Menteri Investasi. Dirinya tidak menjelaskan pasti akan tetap. Namun, Rosan saat ini juga disebut sebagai calon kuat Menteri Badan Usaha Milik Negara. 
  48. M Herindra, Wakil Menteri Pertahanan, calon Kepala BIN
  49. Meutya Hafid, Politisi Golkar, Calon Menteri Kominfo. Dirinya tidak menjelaskan secara spesifik tugas yang diemban. “Diundang terkait tugas tugas yang memang menjadi bidang saya, mungkin beliau mengajak kemudian memperkuat tim beliau,” ujar Meutya. 

BACA JUGA: Daftar Selebritis yang Diproyeksi Jadi Wakil Menteri di Kabinet Prabowo

Itulah daftar 49 tokoh yang disebut-sebut akan menjadi menteri pada Pemerintahan Prabowo-Gibran. 

*) Mahasiswa Magang Prodi Komunikasi dan penyiaran Islam UIN Satu Tulungagung di Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: