Lintasan Basah, Free Practice 1 MotoGP Australia Dibatalkan

Jumat 18-10-2024,10:14 WIB
Reporter : Hanata Dhefa Alifagus Amri*
Editor : Gunawan Sutanto

HARIAN DISWAY - MotoGP Australia 2024 memulai rangkaiannya sejak hari ini, Jumat 18 Oktober 2024 sampai Minggu 20 Oktober. Jumat  siang waktu setempat di Sirkuit Phillip island, Victoria rencananya MotoGp menjadwalkan free practice 1. 

Apa daya, hujan sudah mengguyur lintasan sejak Moto2 sedang jalani free practice. Akhirnya free practice dibatalkan di tengah jalan.

Sesi latihan pembuka untuk MotoGP Australia 2024 yang ditunda dan akhirnya langsung ke practice yang menentukan hasil masuknya kualifikasi 1 dan kulifikasi 2.

Keputusan untuk membatalkan free practice 1 diambil setelah peninjauan kondisi sirkuit oleh otoritas MotoGP.

Dengan prioritas utama keselamatan para pebalap, panitia memilih membatalkan sesi latihan dan mengatur ulang jadwal, termasuk memperpanjang sesi latihan MotoGP di sore hari sebagai kompensasi

Seperti yang diperkirakan, lintasan pada Jumat pagi dalam keadaan basah, tetapi kondisinya semakin memburuk pada akhir latihan bebas Moto2.

BACA JUGA:Pertarungan Barisan Belakang MotoGP Lebih 'Gila', Luca Marini Minta Peningkatan Kamera!

BACA JUGA:Dampak Kerusakan Mesin Marc Marquez di Sirkuit Mandalika dan Tantangan di GP Australia


Safety car mengelilingi track untuk memastikan track aman digunakan untuk sesi FP1 Motogp-motogp-Youtube

Hal itu memaksa dimulainya Free Practice 1 MotoGP ditunda, dengan BMW Safety Car membuat gelombang saat menguji kondisi lintasan.

Masalahnya, seperti yang disoroti oleh beberapa pembalap, bukan hanya kuantitas hujan, tetapi juga karena hujan seperti berada di atas aspal baru, alih-alih mengalir melaluinya.

"Kami mendapatkan pengalaman Phillip Island yang sesungguhnya! Dua hari terakhir ini sangat fantastis dan sekarang beralih ke bagian yang tidak terlalu menyenangkan!," kata tuan rumah, Jack Miller pada Simon Crafar di pitlane. 

"Tepuk tangan meriah untuk para penggemar. Sayang sekali kami belum berada di jalur yang tepat, tapi semoga saja akan ada jeda saat hujan turun agar genangan air dapat dibersihkan, sepertinya saat ini sudah seperti kota aquaplane. Bersyukur ada aspal baru, tapi itu berarti ada genangan air di atasnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:Francesco Bagnaia Sapu Bersih MotoGP Jepang 2024, Pangkas Jarak Poin dengan Jorge Martin

BACA JUGA:GP Jepang 2024: Pedro Acosta Terpeleset, Pecco Bagnaia Hat-trick Menang Sprint Race

Kategori :