Sugiono Dilantik Sebagai Menteri Luar Negeri RI, Menggantikan Retno Marsudi

Senin 21-10-2024,12:57 WIB
Reporter : Syahida Rizky*
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Presiden Republik Indonesia ke-8, Prabowo Subianto, resmi menunjuk Sugiono, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Bidang Kaderisasi dan Informasi Strategis, sebagai Menteri Luar Negeri RI. 

Pelantikan ini menjadikan Sugiono sebagai Menlu RI pertama yang bukan berasal dari kalangan diplomat.

Ia menggantikan Retno Marsudi yang akan menjabat sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk isu air pada 1 November 2024.

Sugiono, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI, hadir dalam pertemuan dengan Prabowo di kediaman presiden di Kertanegara beberapa hari sebelum pelantikan, bersama sejumlah tokoh lain yang juga diusulkan untuk mengisi pos jabatan menteri lainnya. 

BACA JUGA:Prabowo Lantik 109 Orang Menteri Pagi Ini

BACA JUGA:Selamat Bekerja, Presiden Prabowo!

Profil Sugiono

Sugiono lahir di Takengon, Aceh, pada 11 Februari 1979. Ia menempuh pendidikan dasar di SDN Takengon dan SMPN 3 Banda Aceh sebelum melanjutkan ke SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

Setelah lulus pada 1997, ia mendapatkan beasiswa dari Prabowo Subianto untuk melanjutkan pendidikan di kampus militer Norwich University, Amerika Serikat, di jurusan Ilmu Komputer.

Setelah kembali ke Indonesia, Sugiono memasuki TNI Angkatan Darat dan lulus dari Akademi Militer pada 2002, lalu dilantik sebagai perwira TNI AD dengan pangkat Letnan Dua di korps Infanteri.

Namun, ia memutuskan untuk pensiun dini pada 2004, dengan alasan ketidakpuasan terhadap kondisi sosial dan ekonomi di Indonesia.


Presiden Prabowo Subianto dijadwalkan akan melantik menteri dan wakil menteri terpilih yang akan menjabat di kabinet Merah Putih pada Senin, 21 Oktober 2024.-tangkapan layar X@prabowosubianto-

Karir politiknya dimulai setelah dirinya pensiun dari TNI, Sugiono bergabung dengan Partai Gerindra yang didirikan Prabowo pada 2008. Ia berperan aktif dalam kampanye politik dan menjabat sebagai direktur kampanye pada Pilpres 2019.

Kini, ia memegang berbagai posisi penting di partai, termasuk sebagai Wakil Ketua Harian Dewan Pembina Partai (DPP) Gerindra (2020-2025), Wakil Ketua Umum DPP Gerindra (2020-2025), Sekretaris DPP Gerindra (2020-2025), Ketua Fraksi Gerindra MPR RI (2021-2024), serta anggota Komisi I DPR RI (2019-2024).

BACA JUGA:Ajudan Prabowo Subianto Mayor Teddy Indra Wijaya Resmi Dilantik sebagai Sekretaris Kabinet Merah Putih

Kategori :