Pendidikan Vokasi dalam Bingkai Semangat Sumpah Pemuda

Senin 28-10-2024,12:34 WIB
Oleh: Anwar Ma'ruf*

SETIAP 28 Oktober masyarakat Indonesia tak pernah lupa untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dalam catatan sejarah, Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak penting tercapainya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Sejenak mengenang sejarah bangsa ini, tahun 1928 pemuda dari berbagai daerah bersatu untuk melakukan ”deklarasi” yang membakar semangat kepemudaan. 

Para pemuda menyatakan bahwa mereka bertumpah darah satu, bertanah air satu, dan berbangsa satu, yaitu Indonesia dengan bahasa persatuan –bahasa Indonesia. 

BACA JUGA:Pudarnya Gaung Ikrar Sumpah Pemuda

BACA JUGA:50 Ucapan Hari Sumpah Pemuda 2024 Untuk Ide Caption Postingan di Media Sosial

Semangat juang, persatuan, dan keberanian para pemuda pada masa itu sudah seharusnya menjadi teladan bagi muda-mudi masa kini dan seterusnya. 

Tentu peristiwa Sumpah Pemuda tidak akan terulang untuk kali kedua. Namun, makna dari peristiwa itu bisa diserap dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi para pemuda. 

Orang bijak berkata bahwa hanya keledai yang bisa terantuk pada batu yang sama. Ungkapan tersebut menganalogikan tindakan bodoh dari ”si keledai” yang enggan belajar pada kesalahan yang sama pada masa lalu. 

BACA JUGA:30 Twiboon Hari Sumpah Pemuda 2024 yang Keren Untuk Dibagikan di Medsos

BACA JUGA:Sejarah dan Makna Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Selain itu, ungkapan tersebut dapat dimaknai sebagai bentuk sindiran bagi manusia untuk terus belajar dari peristiwa yang telah terjadi untuk diambil pelajaran. Hal yang sama berlaku untuk peristiwa Sumpah Pemuda.

Menurut Widodo (2012), pada dasarnya sejarah mengandung dua aspek, yakni peristiwa yang terjadi pada masa lalu (histoire realite) dan sejarah sebagaimana yang diceritakan (historie recite). 

Sejarah sebagai peristiwa tentu realitasnya tidak dapat diganggu gugat karena sudah berlangsung pada masa lalu. Akan tetapi, sejarah sebagai cerita dapat terus direproduksi dan disesuaikan dengan perubahan zaman tanpa mengubah esensi dari peristiwa sejarah. 

BACA JUGA:Susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2024 Resmi dari Kemenpora, Lengkap dengan Link PDF

BACA JUGA:Rayakan Sumpah Pemuda, Artotel TS Suites Surabaya Gelar Fusion Ethnicity is Unity

Kategori :