Cagub Khofifah: Sumpah Pemuda Sebagai Pendorong Keterlibatan dalam Politik

Senin 28-10-2024,12:57 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyerukan kepada seluruh pemuda untuk berperan aktif dalam menjaga dan melanjutkan kualitas demokrasi di Indonesia.

Khofifah menekankan pentingnya peran Gen Z dan Milenial sebagai kelompok pemilih terbesar pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Menurutnya, gabungan kedua generasi tersebut memiliki tanggung jawab yang besar dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Partisipasi aktif pemuda dalam proses demokrasi sangat penting untuk mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik. Kehadiran pemuda bukan sekadar penggembira, melainkan harus ikut mewarnai dan berkontribusi aktif untuk memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai dengan nilai-nilai demokrasi," ungkap Khofifah di Surabaya.

Khofifah menjelaskan bahwa keterlibatan pemuda dalam proses demokrasi dapat mempengaruhi arah kebijakan dan isu-isu yang diangkat di masyarakat. Partisipasi mereka akan sangat berpengaruh pada hasil pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 27 November mendatang.

BACA JUGA:Deklarasi Pemilih Pemula, Khofifah-Emil Siap Rebut Suara Pemuda di Pilgub Jatim

BACA JUGA:Khofifah Perjuangkan Reog Ponorogo Agar Diakui UNESCO Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

"Pilihan dalam Pilkada bukan sekadar sarana demokrasi, melainkan juga mencerminkan kebebasan politik yang perlu dijaga oleh seluruh komponen masyarakat. Pemuda memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam hal ini," tegasnya.

Khofifah berharap generasi muda tidak bersikap apatis terhadap politik, tetapi aktif terlibat dan memperjuangkan demokrasi di Indonesia.


Khofifah-Emil saat menghadiri upacara Kemerdekaan RI di Gharadi.-Khofifah-Emil-

"Sebagai generasi yang kritis, saya mengajak para pemuda untuk melihat rekam jejak calon yang akan dipilih. Jangan hanya terpaku pada janji-janji selama masa kampanye. Cek dan lacak bukti dari apa yang telah dilakukan," tambah Khofifah.

Mantan Mensos RI itu juga mengingatkan agar pemuda menjauhkan diri dari praktik kampanye hitam dalam Pilkada Serentak 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga menyoroti tantangan yang dihadapi generasi muda Indonesia menjelang 100 tahun kemerdekaan pada tahun 2045.

BACA JUGA:Khofifah Sambangi Sentra Tas Anyam Ponorogo, Dukung Produk Lokal Rambah Pasar Dunia

BACA JUGA:Perhatian Khofifah untuk Ojol Perempuan: BPJS, Pelatihan, dan Zona Merah

Tags :
Kategori :

Terkait