Tren F&B Series 2025 (2): Dari Plant-Based hingga Pengalaman Kuliner Imersif

Senin 04-11-2024,13:26 WIB
Oleh: Irra Chrisyanti Dewi*

Kreativitas dalam memadukan unsur global dan lokal itu tidak hanya memberikan pengalaman kuliner baru, tetapi juga memperkaya warisan kuliner yang ada.

PENINGKATAN POPULARITAS MINUMAN INOVATIF

Minuman memainkan peran penting dalam industri F&B, dan inovasi di segmen ini tidak kalah pesat jika dibandingkan dengan makanan. Tren minuman pada tahun 2025 akan mencakup berbagai produk, mulai teh spesial, kopi unik, hingga minuman nonalkohol yang diracik seperti koktail. 

Minuman tanpa alkohol yang dibuat dengan teknik yang sama dengan pembuatan koktail (mocktails) makin populer, terutama di kalangan konsumen muda yang menginginkan pengalaman sosial tanpa alkohol.

Selain itu, infused water dengan berbagai rasa dan minuman yang terbuat dari bahan alami seperti jahe, bunga telang, dan kunyit akan menjadi pilihan yang makin diminati. Di Indonesia, minuman berbahan alami itu sangat berpotensi lantaran kekayaan rempah dan bahan herbal yang dimiliki. 

Pengembangan produk minuman inovatif yang berbasis bahan lokal dapat menjadi strategi yang efektif untuk menarik perhatian konsumen.

SIMPULAN

Tren menu F&B menuju tahun 2025 mencerminkan perubahan besar dalam preferensi konsumen yang makin mengutamakan kesehatan, keberlanjutan, dan pengalaman kuliner yang unik. Pelaku industri harus bersiap untuk berinovasi, baik dalam pengembangan produk, penerapan teknologi, maupun strategi keberlanjutan. 

Dengan mengikuti tren tersebut, bisnis F&B di Indonesia tidak hanya dapat mempertahankan relevansi, tetapi juga menciptakan nilai tambah bagi konsumen dan lingkungan. (*)


*)Irra Chrisyanti Dewi adalah staf pengajar Fakultas Pariwisata, Universitas Ciputra Surabaya.

 

Kategori :