Program Lapor Mas Wapres, Antara Gimik dan Realitas

Minggu 08-12-2024,08:33 WIB
Oleh: Sukarijanto*

Setiap keluhan yang masuk mencerminkan harapan publik sehingga harus dijawab dengan serius. Di era digital ini, respons yang cepat dan tepat sangat penting dan akan menentukan partisipasi masyarakat dalam program itu. 

Hambatan birokrasi yang sering mengganggu proses pengaduan juga harus diselesaikan. Agar laporan tidak terabaikan, proses penyelesaiannya harus cepat dan tanpa penundaan yang tidak efisien dan efektif. 

Birokrasi yang rumit hanya akan memperburuk citra pemerintah dan menurunkan kepercayaan publik terhadap program tersebut. 

Penyelesaian aduan yang efektif dan efisien secara tidak langsung mampu mendongkrak legitimasi pemerintah di hadapan rakyat sekaligus merefleksikan bahwa negara senantiasa hadir 24 jam di tengah-tengah warga masyarakat. (*)

 

Kategori :