HARIAN DISWAY - Platform e-commerce Shopee menutup rangkaian kampanye akhir tahun 2024 dengan berakhirnya 12.12 Birthday Sale.
Kampanye yang berlangsung sejak 15 November hingga 12 Desember 2024 ini mencatatkan berbagai pencapaian yang berdampak positif bagi para penjual.
Selama periode tersebut, volume transaksi yang tinggi memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan signifikan brand lokal dan UMKM.
Hal ini terlihat dari peningkatan penjualan brand lokal dan UMKM hingga tujuh kali lipat pada puncak 12.12 dibandingkan dengan hari-hari biasa.
Monica Vionna, selaku Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, bahwa keberhasilan Shopee selama kampanye 12.12 tak terlepas dari dukungan luar biasa para pengguna, dedikasi dari para brand lokal dan UMKM, juga kolaborasi para konten kreator yang tanpa henti mempersiapkan strategi terbaik mereka.
"Hasil kolaborasi dari seluruh ekosistem Shopee membuat perjalanan kampanye akhir tahun 12.12 Birthday Sale menjadi sangat mengesankan dan tak terlupakan dalam menutup tahun 2024," kata Monica.
BACA JUGA:Fashion Timeless ala Ryusei Jadi Primadona di Shopee Live, Penjualan Meroket Hingga 10X Lipat
BACA JUGA:Gonegani Dongkrak Penjualan 70x Lipat Lewat Shopee Live, Simak Kisahnya
Tren Akhir Tahun Pada Puncak Kampanyae 12.12
Para pengguna memanfaatkan berbagai penawaran menarik pada 12 Desember, termasuk promo khusus untuk produk brand lokal dan UMKM serta pengalaman belanja yang menyenangkan melalui fitur interaktif.
Kampanye ini secara langsung mendorong lonjakan pesanan, di mana banyak penjual mengalami peningkatan penjualan yang signifikan berkat meningkatnya visibilitas produk brand lokal dan UMKM sepanjang periode tersebut.
Tren belanja yang meningkat ini juga didukung oleh semakin banyak pengguna yang memanfaatkan kampanye untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui produk-produk brand lokal dan UMKM dari berbagai kategori.
Pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, beberapa kategori dan produk unggulan menjadi favorit pengguna:
Kategori Atasan dan Tas Wanita mencatat peningkatan pesanan hingga 7 kali lipat, dengan produk seperti Cardigan, Kemeja, dan Tas Selempang menjadi pilihan populer untuk melengkapi outfit akhir tahun.
Produk lokal di kategori Kosmetik Wajah serta Parfum & Wewangian juga menunjukkan lonjakan permintaan hingga 11 kali lipat. Produk seperti Bedak Wajah, Lipstik, dan Eau de Parfum menjadi favorit pengguna yang tengah mempersiapkan diri untuk perayaan akhir tahun.