HUT BRI ke-129: Sejarah Panjang Bank Rakyat Indonesia yang Hadir Sejak 16 Desember 1895

Senin 16-12-2024,07:57 WIB
Reporter : Jessica Laurent
Editor : Guruh Dimas Nugraha

HARIAN DISWAY - HUT ke-129 Bank Rakyat Indonesia (BRI) diperingati pada Senin, 16 Desember 2024. Tahun ini, BRI mengusung tema "BRILian dan Cemerlang", mencerminkan komitmen BRI dalam memberikan solusi finansial yang inovatif, berkelanjutan, serta berdampak positif bagi masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan rasa syukur atas keberlanjutan perjalanan BRI selama 129 tahun. Ia memberikan apresiasi kepada seluruh Insan BRILiaN atas kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi yang telah membuat BRI terus bertumbuh.

BACA JUGA:BRI Rayakan HUT ke-129 dengan Program Spesial BRIguna, Hadirkan Suku Bunga Kompetitif dan Diskon Menarik

Sejarah Berdirinya BRI

Bank Rakyat Indonesia memiliki sejarah panjang sejak didirikan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah, oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja.

Awalnya, lembaga itu bernama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Tujuan utamanya adalah membantu masyarakat kecil. Terutama untuk menghindari jeratan rentenir, dengan memberikan pinjaman berbunga rendah. Lembaga itu kemudian berkembang menjadi bank rakyat pertama di Indonesia.

Pada masa awal beroperasi, bank itu fokus menampung angsuran dari pinjaman kas masjid. Namun, melalui upaya bersama dengan Asisten Residen Banyumas E. Sieburgh, lembaga itu diresmikan sebagai institusi keuangan resmi pada 16 Desember 1895.

BACA JUGA:BRI Sabet The Most Trusted Company 2024 Berkat Keunggulannya dalam Tata Kelola

Setelah kemerdekaan Indonesia, BRI menjadi bank pemerintah pertama melalui Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1946. Selanjutnya, bank ini mengalami beberapa perubahan nama. Antara lain menjadi Algemeene Volkscredietbank (1934), Syomin Ginko (1942), dan akhirnya Bank Rakyat Indonesia pada 1946.

Pada tahun 1992, BRI berubah menjadi perseroan terbatas dengan nama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Kemudian, pada 2003, statusnya menjadi perusahaan terbuka setelah 30 persen sahamnya dilepas ke publik.

BACA JUGA:Keunggulan BRI Flash, Pembiayaan Mudah, dan Proses Cepat

Peran dan Visi Misi

BRI memiliki peran penting dalam mendukung inklusi keuangan, terutama untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan visi “The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion,” BRI berkomitmen untuk menyediakan layanan keuangan yang mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat, termasuk di daerah terpencil.

Misinya, meliputi pemberian layanan berkualitas, dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui fokus pada UMKM, dan penerapan prinsip keuangan yang berkelanjutan dengan tata kelola perusahaan yang baik.

BACA JUGA:BRI Perkuat UMKM di Daerah 3T dengan Pendampingan dan Pembiayaan

Kategori :