HARIAN DISWAY - Tiongkok, salah satu pasar buku terbesar di dunia sekaligus negara dengan digitalisasinya paling maju, ternyata mengalami perubahan besar dalam cara orang membaca dan membeli buku.
Perubahan ini sangat dipengaruhi oleh dua aplikasi super, Douyin dan WeChat, yang menghadirkan konsep baru dalam membaca sosial dan penjualan buku secara online.
Douyin: Revolusi tempat penjualan buku melalui video pendek
Douyin atau biasa dikenal sebagai TikTok berbasis Tiongkok ini merupakan salah satu aplikasi populer yang saat ini memiliki 900 juta pengguna. Pada platform ini mengenalkan hastag “booktok” yang digunakan orang yang gemar membaca.
BACA JUGA: 10 Rekomendasi Aplikasi dan Situs Baca Buku Online Gratis
Untuk membuat komunitas sendiri agar dapat berinteraksi membahas tentang buku yang mereka gemari. Dengan hastag ini para penulis dan penerbit dapat memanfaatkan untuk melakukan promosi buku.
Douyin juga mengintegrasikan penjualan buku langsung ke dalam platformnya, memungkinkan penerbit membayar promosi dan influencer mendapatkan komisi dari buku yang mereka jual.
Pengguna Douyin akan lebih mudah membeli buku melalui link yang ada pada video yang mereka tonton. Dengan algoritma Douyin yang dapat mengikuti minat pengguna, akan memberikan peluang besar bagi kreator biasa.
BACA JUGA: Akses Buku Braille Masih Terbatas, DJKI Tingkatkan Inklusivitas di Hari Braille Dunia
Untuk berbagi pengalaman membaca mereka sambil mendapatkan penghasilan. Bukan hanya itu, fitur live streaming yang dilakukan, baik oleh penulis maupun influencer juga mempermudah jalannya penjualan dan promosi yang dilakukan.
Para penulis maupun penerbit dapat menggunakan jasa para Influencer dengan pengikut yang banyak agar tingkat penjualan juga dapat meningkat. Contohnya, novel sastra The Last Quarter Of The Moon karya Chi Zijian.
Sebelumnya buku itu hanya terjual 600 ribu eksemplar dalam dua dekade, berhasil mencapai lebih dari lima juta penjualan setelah dipromosikan oleh Dong YuHui influencer terkenal di Douyin.
BACA JUGA: Apa Itu Stoikisme? Mari Pahami dari Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring
WeChat: Membentuk komunitas membaca digital
Bukan hanya Douyin, aplikasi lainnya yang dapat mempengaruhi penjualan dan cara baca orang Tiongkok adalah WeChat. Aplikasi ini juga aplikasi komunikasi paling populer dengan lebih dari 1,3 miliar pengguna aktif.
Bukan hanya Douyin, aplikasi lainnya yang dapat mempengaruhi penjualan dan cara baca orang Tiongkok adalah WeChat. --Freepik
Wechat juga memiliki platform lain yang Bernama WeRead atau bisa juga disebut WeChat Reading. Pada aplikasi ini adalah wadah bagi pembaca untuk mendapatkan ebook dan membaca buku online.
WeRead menggunakan pendekatan interaktif untuk mendorong keterlibatan pengguna. Pengguna dapat memperoleh poin dan membuka akses e-book gratis dengan menyelesaikan tugas.