Perjalanan PT Andara Cantika Indonesia, Tembus Pasar Ekspor Berkat Dukungan BRI

Kamis 10-04-2025,16:20 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

SIDOARJO, HARIAN DISWAY – Perjalanan UMKM untuk menembus pasar global bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan dukungan yang tepat, hal tersebut dapat dicapai. PT Andara Cantika Indonesia, produsen parfum asal Sidoarjo, Jawa Timur, menjadi contoh nyata bagaimana bisnis wewangian lokal dapat menembus panggung internasional berkat dukungan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

Melalui partisipasinya dalam BRI UMKM EXPO(RT) 2025, Andara Cantika telah berhasil memperluas jangkauan produknya hingga ke Korea Selatan dan Amerika Serikat, dan kini tengah bersiap untuk merambah pasar Nigeria.

Gelaran BRI UMKM EXPO(RT) 2025, yang berlangsung dari 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City, sukses menarik lebih dari 69 ribu pengunjung dan mencatatkan transaksi lebih dari Rp 40 miliar, serta merealisasikan kontrak ekspor mencapai USD 90,6 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun.

Fanny Lia Sutanto, sosok di balik PT Andara Cantika Indonesia, memiliki kecintaan mendalam terhadap dunia wewangian yang membawanya melanjutkan studi di Grasse Institute of Perfumery, Prancis—pusat industri parfum dunia. Ilmu yang diperolehnya dituangkan dalam tesis magister di Universitas Ciputra, Surabaya, yang menjadi cikal bakal berdirinya Andara Cantika Indonesia.

BACA JUGA:BRI Tetapkan Cum Date 10 April 2025, Siap Bagikan Dividen Rp 31,4 Triliun

BACA JUGA:BRI Dukung UMKM Gelap Ruang Jiwa Menuju Pasar Global

Dengan latar belakang pendidikan di bidang estetika dan kosmetik dari Comité International d'Esthétique et de Cosmétologie (CIDESCO) di Swiss, Fanny mendirikan PT Andara Cantika Indonesia pada tahun 2022 dengan visi menghadirkan produk berkualitas tinggi berbasis bahan alami.

Berkat inovasi dan konsistensinya dalam menjaga kualitas, produk-produk Andara telah mendapatkan sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB) Golongan A serta izin ekspor ke berbagai negara.

Meskipun baru berusia tiga tahun, Andara Cantika telah mencatat pencapaian luar biasa dengan omzet bulanan stabil di angka Rp300 juta dan penjualan mencapai 37 ribu unit untuk pasar lokal. Di pasar internasional, produk yang terjual sudah mencapai ribuan dan terus berkembang seiring dengan ekspansi global yang dilakukan.

Andara Cantika Indonesia juga tidak berhenti di wewangian; mereka kini merambah bisnis skincare. Setelah sukses dengan serum Le Louvre, mereka memperkenalkan inovasi baru berbasis sarang walet yang dikembangkan selama enam bulan dengan bantuan tiga apoteker.

Produk ini mengombinasikan ekstrak sarang walet, DNA salmon, niacinamide, tranexamic acid, serta bahan alami seperti chamomile, ginseng, dan aloe vera.

BACA JUGA:BRI Siapkan BRImo untuk Transaksi Mudah Selama Libur Lebaran 2025

BACA JUGA:Dukung Kelancaran Arus Balik, BRI Dirikan Posko Mudik di Bandara dan Rest Area

Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi, mengungkapkan bahwa BRI berkomitmen untuk terus mendorong para pelaku UMKM naik kelas melalui berbagai program pemberdayaan.

“Kami percaya, dengan akses dan dukungan yang tepat, UMKM Indonesia mampu bersaing di pasar global. BRI pun terus berkomitmen untuk menjadi mitra utama dalam pertumbuhan UMKM di Tanah Air,” ujar Hendy.

Kategori :