HARIAN DISWAY - KAI Daop 6 Yogyakarta memberikan penghargaan kepada enam petugas atas aksi cepat, jujur, dan penuh dedikasi dalam mengembalikan ponsel milik seorang penumpang KA yang tertinggal.
Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas integritas dan pelayanan sigap para petugas dalam menjaga kepercayaan publik terhadap layanan KAI.
BACA JUGA:Operasi Gabungan Satpol PP-Bea Cukai Sita 981 Bungkus Rokok Ilegal di Surabaya
Insiden tersebut terjadi pada 3 Juli 2025 lalu, saat penumpang KA Manahan Priority, Megananda Daryono, menyadari bahwa ia meninggalkan ponselnya setelah tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 18.00 WIB.
Ia pun segera melapor kepada petugas setempat.
Masih di hari yang sama, Mahendra Fajar, petugas On Train Cleaning (OTC) yang bertugas di Stasiun Solo Balapan, menemukan ponsel tersebut dan segera menyerahkannya ke Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) untuk diamankan.
BACA JUGA:Berwisata ke Karimunjawa Kini Bisa Pakai Pesawat Susi Air dari Semarang atau Yogyakarta
Tak lama kemudian, Megananda mendapat kabar bahwa ponselnya berhasil ditemukan dalam kondisi baik dan segera dikembalikan.
Atas tindakan sigap dan penuh integritas tersebut, KAI Daop 6 Yogyakarta memberikan penghargaan kepada enam petugas berikut:
- Mahendra Fajar (OTC Solo Balapan)
- Deny Prasetyo (Polisi Khusus Kereta Api)
- Indra Komal (Penyelia Polisi Khusus Kereta Api)
- Sandi Irawan (Polisi Khusus Kereta Api)
- Hayu Nuswanto (Penyelia Polisi Khusus Kereta Api)
- Ari Widiantoro (Penyelia Polisi Khusus Kereta Api)
BACA JUGA:KAI Daop 6 Yogyakarta Imbau Masyarakat Hentikan Vandalisme terhadap Kereta Api
Penghargaan diserahkan langsung oleh EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo di halaman Kantor Daop 6 Yogyakarta. Acara turut disaksikan jajaran manajemen dan seluruh pekerja yang hadir.
"Apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan petugas frontliner karena aksi terpuji ini sangat membanggakan, dan menunjukkan bahwa kita mampu memberikan kinerja terbaik dengan menjunjung tinggi integritas dan nilai-nilai kejujuran," jelas Bambang.
Ia berharap hal tersebut dapat menginspirasi seluruh insan KAI untuk terus memberikan kinerja terbaik, khususnya pelayanan yang excellent kepada pelanggan.
BACA JUGA:Uang Rp 1,3 Triliun Disita dari Korporasi Sawit Terkait Kasus CPO
Bambang menambahkan, pelayanan yang ditunjukkan oleh para petugas merupakan refleksi dari nilai-nilai Budaya Perusahaan yang menjadi dasar etika kerja seluruh insan KAI.