Honda Bangkit! Konsesi C 2026 Jadi Awal Era Baru RC213V

Senin 17-11-2025,16:00 WIB
Reporter : Bagus Aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Honda HRC akhirnya memastikan langkah besar menuju kebangkitan di MotoGP. Tambahan sembilan poin krusial di Valencia membuat pabrikan Jepang itu resmi naik ke Konsesi Kelas C untuk musim 2026, sebuah capaian penting yang membuka jalan bagi pengembangan RC213V generasi baru.

Jelang seri penutup MotoGP 2025 di Sirkuit Ricardo Tormo, Honda HRC MotoGP dihadapkan pada tantangan besar yang menentukan peluang mereka untuk menutup musim dengan naik ke Konsesi Kelas C pada 2026.

Honda HRC MotoGP hanya membutuhkan tambahan sembilan poin, dan tiga pembalap mereka: Joan Mir, Luca Marini, dan Johann Zarco, masih dapat diandalkan untuk menutup selisih tersebut.

Menurut regulasi MotoGP, pengklasifikasian konsesi pabrikan/konstruktor ditentukan berdasarkan persentase poin yang dikumpulkan dalam klasemen kejuaraan konstruktor.

Secara teknis, total poin yang diraih para pembalap dibagian dengan jumlah poin maksimum yang tersedia (25 x jumlah balapan GP yang digelar, ditambah 12 x jumlah sprint yang dilaksanakan).

BACA JUGA:Bezzecchi Juara di Valencia! Sajikan Drama Penutup MotoGP 2025

BACA JUGA:Brad Binder Sulit Tiru Gaya Mengerem Pedro Acosta di MotoGP Valencia 2025

Dalam peraturan, penetapan peringkat konsesi berdasarkan persentase poin adalah sebagai berikut:

  • Peringkat A: 85% atau lebih
  • Peringkat B: 60% atau lebih, tetapi kurang dari 85%
  • Peringkat C: 35% atau lebih, tetapi kurang dari 60%
  • Peringkat D: kurang dari 35%

Hingga putaran Valencia 2025, musim telah berlangsung 22 seri. Artinya, sudah tersedia 22 x 37 poin atau total maksimum 814 poin yang diperebutkan.

Dari 22 pembalap di grid MotoGP 2025, Ducati menurunkan enam pembalap, sementara Aprilia, KTM, Honda, dan Yamaha masing-masing menurunkan empat pembalap.

Setelah perhitungan poin dari seri pembuka GP Thailand 2025 hingga seri ke-22 di GP Valencia 2025, diperoleh hasil persentase sebagai berikut:

  • Ducati: 768/814 = 94,3%
  • Aprilia: 418/814 = 51,3%
  • KTM: 372/814 = 45,7%
  • Honda: 285/814 = 35%
  • Yamaha: 247/814 = 30,3%

Dari data tersebut, Ducati tetap berada di Konsesi Kelas A. Aprilia dan KTM masih bertahan di Konsesi Kelas C. Honda, berkat tambahan sembilan poin terakhir yang diraih Luca Marini pada balapan utama, akhirnya berhasil naik ke Konsesi Kelas C, sementara Yamaha masih berada di Konsesi Kelas D.

BACA JUGA:MotoGP Valencia 2025: Alex Marquez Juara Sprint, Kaget dengan Kecepatan Sendiri

BACA JUGA:MotoGP Valencia 2025: Acosta Tercepat, Duo Ducati Pabrikan Gagal ke Q2

Seluruh anggota Honda HRC MotoGP menyambut gembira peningkatan konsesi ini. Namun mereka sadar, bahwa status Konsesi Kelas C menghadirkan sejumlah konsekuensi sesuai regulasi MotoGP, di antaranya:

Kategori :