Masjid Al-Akbar Surabaya Penuh Jamaah Salat Id

Masjid Al-Akbar Surabaya Penuh Jamaah Salat Id

Umat membeludak sampai di halaman Masjid Al-Akbar Surabaya saat salat Id, Senin (2/5).-Michael Fredy Yacob-Harian Disway-

SURABAYA, DISWAY – Momen yang ditunggu itu tiba. Senin (2/5), umat Islam kembali bisa memadati Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) untuk menunaikan salat Idul Fitri. Kegembiraan bersama dalam peribadatan itu sudah dua tahun tidak terlaksana maksimal karena pandemi Covid-19.

 

Mulai pukul 04.00, jamaah mulai berdatangan di masjid yang terletak di kawasan Jambangan itu. Sehingga, pukul 05.30 tempat ibadah itu sudah penuh.

 

MAS punya daya tampung maksimal 40 ribu orang. Tetapi, tampaknya yang datang lebih dari jumlah itu. Sehingga, banyak jamaah yang menunaikan salat di luar masjid. Pakai surat kabar sebagai alas.

 

Walau berada di luar, para jamaah itu masih bisa mendengar khotbah yang disampaikan KH Fachrur Rozi. Ada layar besar dan pengeras suara yang disiapkan pengurus masjid.

 

Lutfi Yuniar, salah seorang jamaah, mengaku senang bisa kembali salat Id di masjid. Selama dua tahun terakhir, ketika pandemi sedang tinggi-tingginya, setiap kali Idul Fitri dia hanya bisa melakukan ibadah di rumah. Bersama keluarganya.

 

“Alhamdulillah, kami masih diberikan umur yang panjang untuk bisa melaksanakan salat Id bersama. Saya bisa melaksanakan ibadah bersama keluarga saya dan sesama umat muslim lainnya,” katanya kepada Harian Disway.

 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Dardak beserta istri, Arumi Bachsin, juga ikut menjalankan salat Id di masjid itu. Khofifah pun mengucapkan rasa syukur. “Ini kan sebenarnya sudah normal. Safnya juga sudah rapat. Tapi kita tetap menjaga protokol kesehatan secara maksimal," kata Khofifah.

 

Khofifah memastikan pengurus MAS juga telah mengantisipasi dan mempersiapkan segala hal. Salah satunya dengan mensterilkan. "Pintu sebelum salat tadinya kan ditutup, tadi mau salat dibuka," ujar Khofifah.


Umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di ruas Jalan Indrapura Surabaya, Jawa Timur, Senin (2/5).
Foto: Julian Romadhon-Harian Disway

 

Jajaran Pemkot Surabaya juga melakukan salat Id bersama. Mereka lakukan di Taman Surya, Balai Kota. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun ikut salat di sana. Salat Idul Fitri dipimpin Imam Ustad Ahmad Satun, dengan khatib Abuya  Muftahil Lutfi Muhammad.

 

Eri mengatakan, dirinya merasa senang, warganya bisa kembali merayakan momen Idul Fitri dengan Salat berjamaah di Taman Surya. "Alhamdulillah, dengan rahmat Gusti Allah hari ini kita melaksanakan Salat Idul Fitri,” ucapnya.

 

“Dengan ini kita mensyukuri semoga dengan ini maka kita bisa menjaga kota Surabaya dari pandemi," tambahnya. Ia berharap, antusiasme masyarakat pada momen Idul Fitri kali ini akan menjadi semangat masyarakat untuk kembali menggerakkan ekonomi di Surabaya. (Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: