Rata-Rata Usia Pemain Persebaya 21,5 Tahun, Mental Pemain Jadi PR

Rata-Rata Usia Pemain Persebaya 21,5 Tahun, Mental Pemain Jadi PR

Brylian Aldama dalam sebuah kesempatan bersama Presiden Persebaya Azrul Ananda.--

MENTAL tanding menjadi pekerjaan terbesar Persebaya yang harus segera dibereskan. Pelatih Aji Santoso itu dituntut dalam waktu singkat mampu menanamkan mental baja di semua pemain musim depan.   

Problem tersebut mengemuka jika dilihat usia pemain Persebaya yang sebagian besar muda. Rerata usia pemain Bajol Ijo ialah 21,5 tahun. 

Anda sudah tahu, tantangan terbesar pemain muda adalah mental. Terlebih bagi klub sebesar Persebaya. Pemain akan mendapati tantangan begitu besar. Di dalam dan luar lapangan.

Apalagi, musim depan sangat mungkin kompetisi akan kembali pada format home away. Stadion Gelora Bung Tomo selama ini dikenal miliki pressure tinggi –bagi pemain tuan rumah maupun tamu– ketika dihadiri ribuan Bonek.

”Ini memang tugas pertama dan utama yang harus saya bereskan. Membangun kepercayaan diri dan mental tarung karakter Persebaya. Ngeyel dan tak kenal menyerah,” tegas Aji Santoso. 

Aji Santoso mengaku sudah menyiapkan sederet langkah. Salah satunya, melakukan brain washing. Membangun ulang mindset para pemain. Menanamkan bagaimana karakter Persebaya dari sisi mental. Sekaligus menanamkan rasa percaya diri dan bangga bermain untuk klub sebesar Persebaya.

Itu dilakukan terutama pada para pemain yang baru musim ini bergabung. ”Semua harus dicuci otak dulu. Kami tanamkan karakter Persebaya seperti apa. Yang tentu akan berbeda dengan klub mereka sebelumnya,” bebernya. 

Oleh karena itu, Aji Santoso beruntung lantaran Persebaya bisa menjalani pertandingan pada Minggu, 22 Mei, lawan Persis Solo. Menurutnya, laga itu diperlukan untuk menguji mental pemain. Seberapa tahan mereka menghadapi pressure penonton di stadion.

”Dari sisi teknis, pertandingan tersebut tentu tidak ideal. Tetapi, bagus bagi kami untuk mapping mental pemain. Mereka akan merasakan bagaimana atmosfer GBT,” bebernya. 

Latihan perdana akan dimulai pada Senin (9/5). Para pemain sudah mulai berdatangan ke Surabaya sehari sebelumnya. Termasuk bek asal Brasil, Leo Lelis. Mantan bek Persiraja Banda Aceh itu sudah dipesankan tiket dan mungkin sudah datang di Surabaya pada 7 Mei. 

”Sementara Lelis yang datang duluan. Pemain asing yang lain menyusul pertengahan atau akhir Mei,” jelas Aji.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway