Joko Suprianto Tak Berani Nonton Bilqis Bertanding

Joko Suprianto Tak Berani Nonton Bilqis Bertanding

Setelah sempat sukses menaklukkan Akane Yamaguchi, Bilqis Prasista akhirnya tumbang oleh juara bulu tangkis putri rangking 9 dunia,He Bing Jao. Foto: dok pbsi-PBSI-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Saat Bilqis Prasista "membantai" Akane Yamaguchi, Rabu (11/5/2022), Joko Suprianto tak menyaksikan secara langsung di televisi. Romo –begitu Bilqis biasa memanggil ayahnya– berada di Jakarta dan hanya mengikuti live score dari ponselnya. 

"Saya tidak tega. Lihat dia pontang-panting kasihan," kata Joko. Zelin Resiana, ibu Bilqis, menyaksikan siaran langsung di Magelang. Dari dulu Joko memang tidak pernah tega menonton putrinya bertanding. 

Malam sebelum pertandingan, Bilqis menelepon Romonyi. Mengabarkan bahwa dia akan menjadi tunggal pertama melawan Jepang di babak penyisihan grup A Piala Uber 2022 di Impact Arena, Thailand. "Saya ya bilang, Mbak harus siap dan jaga tanggung jawab," kata Joko saat dihubungi Harian Disway Rabu malam. Joko memanggil Bilqis dengan sebutan Mbak. Untuk membedakan dengan Bilqis Pratista, saudari kembari Bilqis Prasista. 


Bilqis bersama ayahnyi, Joko Suprianto, dan ibunyi, Zelin Resiana.-Dokumentasi Pribadi-

Kunci kemenangan Bilqis, kata Joko, karena putrinya bermain tanpa beban. Strategi yang dimainkan Bilqis juga tepat. Akane Yamaguchi tidak nyaman melawan pemain yang tipenya menyerang seperti Pusarla V. Sindhu. Selain itu, kata Joko, Akane juga buta permainan Bilqis yang masih junior.

Setelah pertandingan, Joko berkomunikasi melalui WhatsApp dengan Bilqis. Mantan juara dunia bulu tangkis 1993 itu meminta putrinyi untuk fokus menghadapi pertandingan perempat final. "Diturunkan di nomor tunggal pertama, kedua, atau ketiga harus siap," kata Joko.

Seperti diketahui, Bilqis baru saja membuat sejarah. Pemain ranking 333 dunia itu mengalahkan pemain nomor satu dunia Akane Yamaguchi. Dua set langsung. Hanya dalam 35 menit. Di partai perempat final nanti, Tim Uber akan berhadapan dengan Tiongkok. Bilqis akan diturunkan sebagai tunggal kedua di partai ketiga. Dia akan melawan He Bingjao yang merupakan pemain ranking 9 dunia. (*) 


--

Sumber:

Berita Terkait