Mengapa Persebaya Sering Gagal Dapat Striker Asing? Begini Ceritanya...

Mengapa Persebaya Sering Gagal Dapat Striker Asing? Begini Ceritanya...

Pelatih Persebaya Aji Santoso-Foto: Persebaya.id/Ilustrasi: Syaiful Amri/Disway.id-

SURABAYA, DISWAY - GAGAL gabungnya Jefferson Assis memberi tamparan tersendiri pada Persebaya. Pasalnya, sebelum ini sudah ada dua rekrutmen striker asing yang juga gagal. Tentu alasannya berbeda-beda. Mulai dari Weslen Junior hingga Luc Castaignos. 

Kegagalan ini memunculkan pertanyaan. Sebetulnya seperti apa mekanisme rekrutmen pemain asing di Persebaya? 

Pelatih Persebaya Aji Santoso pun angkat bicara. Ia menjelaskan bagaimana proses pemilihan pemain asing. Di mana, semua masih mengandalkan rekaman video yang dikirim dari para agen.

Baca Juga: Jefferson Assis Batal ke Persebaya karena Belum Dapat Surat Keluar dari Klub

Selanjutnya, rekaman tersebut dibedah bersama dengan para asisten pelatih. Berdiskusi hebat terkait plus minus para kandidat pemain asing ini.

Dan, pada akhirnya suara Aji Santoso sebagai pelatih kepala menjadi penentu akhir.

“Selama ini kami menerima tawaran dari para agen. Saya tidak terpaku dengan satu agen saja. Banyak yang kirim. Kami pelajari dan bedah bersama. Tak semata skill yang jadi pertimbangan. Kecocokan dengan skema main kami juga jadi pertimbangan. Dari sana lalu diputuskan dan kami serahkan ke manajemen untuk ditindaklanjuti,” terangnya.

Baca Juga: Gagal Dapatkan Luc Castaignos, Persebaya Bidik ke Jefferson Assis

Aji Santoso mengakui mekanisme ini belum sepenuhnya ideal. Tetapi cukup efektif dan efesien. Dibanding mendatangkan pemain untuk di-trial.

“Memang ini lebih mengandalkan feeling kami sebagai pelatih yang kebetulan pernah menjadi pemain. Jadi sudah tahu mana yang miliki skill istimewa dan tidak,” ujarnya.

Baca Juga: Selain Jefferson Assis, Persebaya Tertarik Striker Rumania Vlad Morar

Di musim lalu, Aji Santoso membuktikannya. Dari empat rekrutmen pemain asing, tiga meledak. Yakni Alie Sesay, Bruno Moreira da Taisei Marukawa.

Nama terakhir ini, malah menyabet pemain Terbaik Liga 1 2021. Satu yang gagal total adalah Arsenio Valpoort. Soal ini, Aji lapang dada mengakusi kegagalannya. Oleh karena itu untuk kali ini ia sangat berhati-hati berburu striker asing.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harian disway