Si Bengal Pulang Kampung

Si Bengal Pulang Kampung

DIEGO COSTA. Sosok yang satu ini memang tidak bisa lepas dari kontroversi. Ada saja ulahnya di pertandingan maupun di luar lapangan. Costa dikenal sebagai pemain yang mudah tersulut emosi. Tidak mengherankan jika koleksi golnya berjalan beriringan dengan kartu kuning maupun kartu merah yang diperolehnya sepanjang karier.

Costa tergolong penyerang yang sering gonta-ganti klub. Ia telah memperkuat delapan tim dalam 15 tahun kariernya di Eropa. Berbagai gelar bergengsi diraihnya. Mulai trofi Liga Inggris hingga mahkota La Liga. Costa penyerang yang produktif. Sebanyak 181 gol dijaringkan dari total 476 pertandingan di level klub.

Di sisi lain, Costa begitu gampang naik pitam. Lihat saja koleksi kartunya. Penyerang kelahiran Lagarto, Brasil, itu mengantongi 136 kartu kuning, 6 kartu kuning kedua, dan 5 kartu merah.

Jika ditarik ke belakang, sifat bengalnya ini sudah tecermin sejak muda. Tampak semasa masih memperkuat tim lokal Brasil, Barcelona-SP, di turnamen kelompok usia 18 tahun. Costa dihukum larangan bertanding selama empat game gara-gara menampar lawan serta berkonfrontasi dengan wasit. Nmaun, justru karakter itulah yang membuat superagen Jorge Mendes terpikat. Kemudian, membawanya ke Eropa.

Petualangannya di Eropa dimulai Februari 2006. Kala itu usianya baru 17 tahun. Costa direkrut Braga, peserta Primeira Liga di Portugal. Sebenarnya, keluarganya sempat melarangnya keluar Brasil. Namun, Costa bersikeras untuk mengambil kesempatan tersebut. Keputusan itu terbukti tepat. Sebab, Costa mendapat sukses besar di Benua Biru.

Memang, awal kariernya lebih banyak dihabiskan sebagai pemain pinjaman. Ia pernah "disekolahkan" ke Celta Vigo, Albacete, dan Rayo Vallecano. Costa juga pernah memperkuat tim gurem Real Valladolid. Namun, masa peminjaman itulah yang membuat skill-nya terasah. Puncaknya, Costa meraih sepuluh gelar bersama Atletico Madrid dan Chelsea.

Genap 15 tahun setelah berkarier di Eropa, Costa akhirnya pulang ke Brasil. Striker 32 tahun itu diresmikan sebagai pemain anyar Atletico Mineiro kemarin (15/8). Ia dikontrak hingga Desember 2022. Atletico Mineiro akan menjadi klub profesional asal Brasil pertama yang diperkuat penyerang tim nasional Spanyol itu. Costa akan menjadi rekan duet Hulk di klub tersebut. (Muhammad Syafaruddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: