Kwon Hwa-woon Jadi Mantan Menyebalkan di Check Out the Event

Kwon Hwa-woon Jadi Mantan Menyebalkan di Check Out the Event

’’Aku ingin membuat ini sebagai liburan perpisahan bagi kita,’’ kata Do-gyeom. Makin hancurlah hati Song-yi. Saat itu, ada pria lain masuk. Ia adalah Seo Ji-kang (Ahn Woo-yeon). Pemandu acara liburan tersebut. Ia naksir Song-yi. Dengan sedikit minuman (dan bahu untuk bersandar), ia tahu bahwa hubungan Song-yi dan Do-gyeom bermasalah.


PEMANDU TUR, Seo Ji-kang (Ahn Woo-yeon, kiri) menemani Ha Song-yi setelah dia turun dari bus lantaran sakit hati dengan perlakuan Park Do-gyeom. (foto: MBC via Hancinema)

Genre Galau

Check Out the Event lebih cocok disebut miniseri daripada serial. Drama yang ditulis Kim Tae-joo itu hanya terdiri dari empat episode. Tayangnya pun sepekan sekali. Bisa dipastikan, plotnya hanya berupa fragmen pendek Song-yi dan Do-gyeom selama empat hari liburan di Jeju.

Karena sangat pendek, ceritanya juga to the point. Pada episode pertama yang dirilis di iQIYI Minggu lalu (15/8), semua tokoh sudah diperkenalkan. Konflik juga sudah dibeberkan. Do-gyeom tak ingin bersama Song-yi. Sedangkan Song-yi ingin memenangkan hati Do-gyeom kembali. Di sisi lain, ada Seo Ji-kang yang siap menikung. Simpel.

Yang bikin penasaran hanya bagaimana plot itu dikembangkan dalam tiga episode berikutnya. Apakah Do-gyeom cemburu mantannya didekati cowok lain? Apakah ia jatuh cinta lagi kepada Song-yi? Itu saja pertanyaannya. Jawabnya juga diprediksi simpel. Kecuali penulis ingin membuat plot twist, kemungkinan besar mereka akan kembali bersama.  

Terlepas dari ceritanya yang ringan, Check Out the Event tidak memberikan ruang yang cukup untuk pendalaman karakter. Kita tidak tahu latar belakang hubungan Song-yi dan Do-gyeom sebelum putus. Kita hanya mengetahui sudut pandang Song-yi. Jangan-jangan cowok itu punya alasan yang kuat untuk menghakhiri hubungan?

Setelah diputuskan, Song-yi memang bertindak ’’gila’’. Dia annoying banget. Dia menggedor pintu kamar kos Do-gyeom di tengah malam buta. Hanya karena membutuhkan ’’penjelasan.’’ Dia menelepon terus-menerus. Tanpa peduli situasi yang dihadapi Do-gyeom. Kita tidak tahu, apakah sikap obsesif itu dia derita dari dulu. Atau dia tiba-tiba bersikap seperti itu gara-gara diputuskan? Entahlah…

Selain soal karakter, ada hal yang cukup mengganggu dari drama ini. Baik penulis Kim Tae-joo maupun duet sutradara Kim Ji-hoon dan Lee Han-joon seperti kebingungan menentukan drama ini. Mau melodrama atau komedi.

Ada momen-momen yang kesannya sangat melodramatis. Seperti ketika Song-yi meninggalkan bus tur di tengah jalan. Karena begitu nelangsa oleh sikap dingin Do-gyeom. Namun, banyak sekali adegan komikal yang dimaksudkan untuk memberikan sentuhan komedi.

Sebenarnya tidak masalah. Asal cara merangkai adegannya halus. Tapi dalam Check Out the Event, adegan bisa berpindah dari lucu ke sedih dalam sekejap. Lucunya tidak total. Scene sedihnya juga tidak sampai bikin penonton ikut menitikkan air mata. Kesan yang terpatri setelah menonton episode pertama hanya, ’’Kok bisa ya, Kwon Hwa-woon nyebelin banget?’’

Dalam dua dari tiga drama terakhirnya, aktor 32 tahun itu tampil sebagai anak baik-baik. Di Zombie Detective, ia berperan sebagai detektif muda yang smart dan baik hati. Sedangkan dalam drama fenomenal Mouse, peran Hwa-woon sempat disangka pembunuh berantai. Padahal, ia tokoh paling baik dalam dunia yang penuh psikopat. Ia mencuri hati penonton di saat-saat akhir.   

Well, secara umum, kami tidak merekomendasikan Check Out the Events buat penonton yang ingin menonton drama dengan impact kuat. Ini hanya oke sebagai tontonan selingan. Untuk mengisi waktu di antara drama on going lainnya. Tapi ini cocok buat jenis audiens yang tidak ingin terlalu terikat dengan tontonan mereka. (Retna Christa)  


BANG MIN-AH, personel Gil's Day memerankan karyawan taman botani yang obsesif. (foto: MBC via Hancinema)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: