Tempik Sorak Youtuber Itu Dipolisikan

Tempik Sorak Youtuber Itu Dipolisikan

Satu kelemahan jurnalis: Gunggungan. Mengkritik keras, gegara kritiknya selalu disoraki publik. Gunggungan pula yang dipersepsikan Luhut Binsar Pandjaitan terhadap LSM Lokataru dan Kontras. Maka, dipolisikan, Rabu (22/9).

----------------

Gunggungan istilah slank Surabaya. Artinya, suatu tindakan seseorang yang dinilai (oleh para pihak) berlebihan. Orang itu bertindak begitu karena ulahnya selalu disoraki publik sebagai hero.

Gunggungan beda dengan over-acting. Over-acting berdiri sendiri, tanpa pengaruh orang lain. Gunggungan akibat didukung publik.

Jurnalis bekerja di perusahaan pers sebagai lembaga sosial kontrol. Fungsi pers, antara lain, mengkritisi yang perlu dikritik. Memuji yang perlu dipuji. Menyajikan fakta apa adanya, terserah pendapat publik.  

Namun, jurnalis cenderung mengkritik. Karena di situ banyak yang bersorak-sorak. Merasa aspirasi terwakili. Jadi morfin bagi jurnalis untuk gunggungan.

Youtube, media sosial, yang seolah-olah jadi media massa (pers). Semua orang bisa mengkritik lewat situ. Kritik disoraki publik sebagai hero. Jadi morfin bagi youtuber untuk menjadi gunggungan.

Adalah Haris Azhar selaku Direktur Eksekutif Lokataru. Dan, Fatia Maulidiyanti selaku Koordinator Kontras. Tampil di Youtube, diunggah 20 Agustus 2021.

Judulnya: Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya. Durasi 26 menit 51 detik.

Isi: Di Intan Jaya, Papua, ada tambang emas. Lokasi di lahan milik warga. Pemilik tambang, tiga perusahaan: Freeport Indonesia, PT Aneka Tambang, dan PT Tobakom Del Mandiri, anak perusahaan Toba Sejahtera Group.

Di menit 13 lewat 20 detik, Fatia mengatakan, PT Toba Sejahtera Group milik Luhut Binsar Pandjaitan dan beberapa orang pensiunan jenderal TNI-AD dan polisi.

Dijelaskan, di wilayah itu TNI dan Polri terus menambah jumlah pasukan. Haris memperkirakan, supaya warga takut dan pergi mengungsi. Sehingga eksplorasi emas lancar.

Fatia menimpali: ”Bisa dibilang, Luhut bermain di pertambangan-pertambangan Papua sekarang.”

Per Rabu (22/9) pukul 18.00 video itu ditonton 210.988 viewer. Ada 7.2K (ribu) like, 552 un-like. Artinya, disoraki orang sejumlah itu. Dari 206K subscriber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: