”Merdeka ataoe Mati” di Mampang, Jakarta

”Merdeka ataoe Mati” di Mampang, Jakarta

"Merdeka ataoe mati", slogan pejuang kita, 1945. Dilengkapi gambar pemuda mengangkat bambu runcing. Ditempel di mana-mana. Heroik. Seumpama itu ditempel di Jalan Mampang, Jakarta Selatan, sekarang, kayaknya masih relevan.

------------

Sebab, langit di Jalan Mampang masih juga dipenuhi kabel-kabel. Centang perenang. Persis seperti zaman awal kemerdekaan RI, dulu. Ketika banyak kuda bersepatu besi, tak-tik-tok... lalu lalang di jalan itu.

Dan, seandainya ada orang bisa tidur pulas selama 76 tahun, lalu terjaga tadi pagi, lantas joging di Jalan Mampang, ia langsung memekik: Merdeka....

Itu tidak bohong. Bukan hoaks. Asli, ada di Jalan Mampang, Jakarta Selatan, sekarang.

Terbaru, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada wartawan Rabu (6/9) mengatakan: "Rencana pemindahan kabel di Mampang (dari udara ke dalam bumi) pertengahan bulan ini."

Dijelaskan, Pemprov DKI Jakarta sudah lama ingin memindahkan gerombolan kabel itu dari udara ke dalam tanah. Ini ibu kota Indonesia. Masak jaringan kabelnya begitu.

Maka, dibuatlah galian di pinggir Jalan Mampang. Untuk menampung gerombolan kabel itu.

Dinamakan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT). Berupa tanah digali. Dibentuk gorong-gorong dari beton. Ratusan jenis kabel yang semula di udara bakal dimasukkan ke situ.

SJUT sudah jadi sejak dua bulan lalu. Yang proses pembangunannya membuat macet lalu lintas kendaraan. Khususnya, merugikan kantor-kantor dan sentra bisnis di jalan itu. Sebab, lalu lalang kendaraan terhambat.

Agustus 2021 Hari Nugroho juga sudah mengingatkan para pemilik kabel agar memindahkan sendiri, dari udara ke SJUT.

Peringatan Hari itu disampaikan dalam diskusi Keadilan Kabel Jakarta yang digelar Institute Demokrasi Ekonomi dan Sosial Politik (Indeks) dan diunggah di Youtube Indeks LSM, 25 Agustus 2021.

Dijelaskan, kabel-kabel di tiang listrik itu tidak punya izin. Para operator utilitas kabel-kabel tersebut sudah diberi tahu bahwa kabel-kabel tersebut harus diturunkan dari tiang-tiang, sejak 11 tahun lalu. Namun, hingga kini kabel itu belum turun juga meski SJUT sudah jadi.

Hari: "Pemerintah sudah menyiapkan SJUT. Tapi, kabel-kabelnya nggak mau turun. Kalau nggak turun juga, saya potong nanti. Jadi clear gitu, loh."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: