Ririn Astari, Mempopulerkan Lagu Karya-karya Isti Dary Sofia

Ririn Astari, Mempopulerkan Lagu Karya-karya Isti Dary Sofia

Karier Ririn di dunia hiburan sempat terhenti. Sebab, dia ditawari untuk bekerja di KBRI Ottawa, Kanada, pada 2009. Yang menawari adalah dubes Indonesia untuk Kanada sendiri, Dienne Moeharyo. Ririn mengambil kesempatan itu.

Terbukti, pilihan itu tidak salah. Tidak saja di sana dia bertemu dengan tambatan hati, Mark Allan Foy. Tapi dia justru bisa kembali menekuni passion yang sudah ada sejak lama. Yakni, menjadi penyanyi.

Ya, dia kerap bernyanyi dan menjadi presenter di acara-acara kedutaan. Bahkan pernah bertugas sebagai host dalam event internasional. Yakni International Woman’s Day, pada 2019. Dia satu-satunya warga negara Indonesia yang diminta menyanyi di Kanada. Alhasil, kepiawaian olah suara Ririn makin dikenal di negeri tersebut.

Tahun lalu, atas dorongan kawan dan sahabat mendiang ibunya, Ririn kembali masuk dapur rekaman. Dia mengaransemen dan merekam ulang lagu Matahariku. Yang pernah dia bawakan pada 1995. Lagu pop dengan lirik romantis tersebut diunggah pada 19 Februari lalu. ’’Harapannya sih, lagu-lagu mama kembali populer,’’ kata perempuan berusia 42 tahun itu.

Musikalitas dalam lagu terbarunya tersebut diwarnai latar berbagai alunan nada panjang yang lembut. Pukulan ritmis drum yang konstan. Berpadu dengan sayup dawai gitar serta permainan piano yang melodis.

Sejak kujumpa kamu

Di antara angin yg berhembus

Di antara bunga dan bayang rembulan

Kurasakan ada getar yg dalam

Begitulah potongan lirik dari single Matahariku yang dibawakan Ririn. Secara aransemen, berbeda dari rilisan awalnya yang bertempo lebih cepat. Kali ini lebih mendayu dan menampilkan kesan romantis. Warna vokal Ririn yang lembut dan menyatu dengan karakter lagunya.

Dalam waktu dekat, Ririn akan merilis single lagi. Judulnya Kau yang Berpaling. Semua dipersembahkan untuk mendiang sang bunda yang wafat pada 3 Juli 2020.

Dia juga mempertimbangkan rencana untuk merilis lagu-lagu berbahasa Inggris. Nama dan kiprahnya yang telah dikenal di Kanada membuat peluang go international semakin terbuka. ’’Doakan saja. Misi saya selain kembali memopulerkan lagu-lahu karya mama, juga membuat harum nama bangsa,’’ tutur dia. (Retna Christa-Guruh Dimas)

RIRIN (tiga dari kiri) mengisi acara Resepsi Diplomatik KBRI Ottawa pada 2019. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: