Hometown Cha Cha Cha: Angkat Masalah yang Jarang Dibicarakan

Hometown Cha Cha Cha: Angkat Masalah yang Jarang Dibicarakan

 

PERJUANGAN ibu hamil dan melahirkan disampaikan lewat Ham Yun-gyeong (Kim Joo-yeon). Masalah yang dia hadapi adalah cerminan mayoritas bunda di seluruh dunia.

Beban Ibu Melahirkan

Pasangan Choi Geum-chul (Yoon Seok-hyun) dan Ham Yun-gyeong (Kim Joo-yeon) memang tampak adorable. Yang perempuan mengelola minimarket, dan yang lelaki servis barang elektronik. Tokonya berdekatan. Mereka ke mana-mana berdua—bahkan menggosip pun bersama—dan punya anak yang lucu dan cerdas bernama Bo-ra (Go Do-yeon).

Namun, sebenarnya Yun-gyeong juga sebel banget kepada sang suami. Karena Geum-chul kurang suportif selama dia hamil. Hye-jin kaget ketika mendengar mereka harus ke klinik di luar kota saat Yun-kyun melahirkan nanti. Eh, Geum-chul menyahut, ’’Dia kan enggak ngapa-ngapain. Aku yang menyetir jauh-jauh.’’ Yun-kyun sakit hati betul mendengarnya.

Yun-kyun juga kesal karena sang suami ogah diajak jalan-jalan. Padahal, dia butuh refreshing. Setelah sehari-hari mengurus rumah tangga, menjaga toko, dan menggendong perut yang makin besar. Kemarahan Yun-gyeong memuncak ketika sang suami menolak mengikatkan tali sepatu dia. Geum-chul dengan bodohnya bilang, ’’Ini salah bayi kita nih. Dia harus segera lahir biar kamu bisa segera santai.’’

Oke, ini pasti bikin ibu-ibu langsung kepingin menimpuk Geum-chul dengan kayu meranti. Sejak kapan bayi lahir bikin bunda santai? Yang ada, malah makin repot. Dalam kondisi tubuh hancur habis melahirkan, ibu harus menyusui, mengganti popok, memandikan. Dan masih harus mengurus anak yang lain. Apalagi kalau suaminya tidak membantu merawat anak.

Lagi-lagi, ini bukan masalah yang melibatkan keamanan nasional. Namun, berapa miliar ibu di dunia ini yang merasa senasib dengan Yun-gyeong? Untung, setelah melihat penderitaan sang istri waktu melahirkan di rumah Hye-jin, Geum-chul segera sadar. Semoga ia langsung tergerak untuk ikut merawat anak. 

 

YOON HYE-JIN (Shin Min-ah, tengah) menendang pria yang melecehkan sahabatnya. Isu pelecehan digambarkan dengan realistis di sini.

Pelecehan Seksual

Setidaknya, ada dua kasus pelecehan seksual di Hometown Cha Cha Cha. Yang pertama menimpa Pyo Mi-seon (Gong Min-jeong), suster klinik gigi sekaligus sahabat Hye-jin. Ketika sedang membersihkan rongga mulut, dia diraba-raba oleh pasien. Hye-jin menendang pria itu, dibantu oleh Du-sik yang datang belakangan. Eh, mereka malah ditahan karena melakukan penganiayaan.

Sering dengar, ya? Begitulah hukum kita. Mentang-mentang sulit dibuktikan, pelecehan seksual jarang diproses dengan layak. Apalagi kalau pelakunya punya koneksi. Wah, makin suram. Nah, di Hometown Cha Cha Cha, kasus itu tidak secara ajaib diselesaikan. Si pelaku memang akhirnya diproses. Tapi atas kasus pencabulan yang lain. Yang buktinya ditemukan Du-sik di ponsel si pelaku. Ini realistis. Karena memang pelecehan terhadap Mi-seon tidak ada buktinya. 

Kasus kedua menimpa Cho-hui. Ketika pulang sambil mabuk, dia hampir diculik orang tak dikenal. Namun, dia diselamatkan warga desa. Kerennya, warga desa tidak ada yang menyalahkan Cho-hui yang mabuk. Meski desa Gongjin terletak di tepi laut yang udik, mereka tidak punya budaya victim blaming. Sangat keren! (Retna Christa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: