Barisan Celeng Ganjar

Barisan Celeng Ganjar

Harian Disway - CELENG jadi binatang yang lagi trending sekarang. Itulah jenis babi hutan yang terkenal di kalangan masyarakat Jawa.

Spesies binatang yang digambarkan hanya bisa lari lurus. Tidak bisa zig-zag alias belok-belok. Selalu fokus jika mengejar sesuatu.

Nama binatang itu menjadi trending gara-gara pernyataan Ketua Bappilu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto. Yang juga populer dipanggil Bambang Pacul.

Tokoh partai berlambang banteng moncong putih itu juga ketua DPD PDIP Jawa Tengah. Dikenal pendukung loyal Ketua DPR RI Puan Maharani.

Ia memberi label celeng untuk warga PDIP yang deklarasi mendukung Ganjar Pranowo. Untuk menjadi calon presiden RI dalam Pilpres 2024.

Ganjar kini gubernur Jawa Tengah. Kader PDIP tulen. Juga, menjadi ketua umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). Masih muda dan dikenal luwes dalam memimpin.

Bambang Pacul ikut andil menjadikan Ganjar sebagai gubernur Jateng. Dalam pilgub pertama yang mengantarkan Ganjar menjadi orang pertama di provinsi itu.

Tapi, sejak Ganjar maju untuk periode kedua, Bambang Pacul sudah berseberangan. Saya tidak tahu apa penyebabnya. Hanya Bambang Pacul dan Ganjar yang tahu.

Yang pasti, untuk calon presiden RI mendatang, Bambang Pacul menjadi pendukung Puan Maharani. Putri ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Makanya, ia selalu terkesan mengganjal berbagai langkah Ganjar. Bahkan, ia tampak sensi terhadap setiap hal yang berkaitan dengan gubernur Jateng itu.

Namun, segala langkah Bambang Pacul yang menyerimpung Ganjar selalu mendapat perlawanan. Bukan oleh Ganjar. Melainkan, oleh kader-kader partai nasionalis itu sendiri.

Pun Ganjar cuek bebek. Bahkan, tak menggagas dukungan banyak orang untuk menjadi presiden RI mendatang. "Malah jadi sibuk klarifikasi sana sini," katanya, sambil tertawa.

Kebetulan minggu lalu saya bertemu ia di rumahnya, Semarang. Berbarengan dengan Fadli, vokalis Padi Reborn, band asal Surabaya. Yang juga datang khusus menemui Ganjar.

Ikut memberikan dukungan? Nggak. Malah selama satu jam, Fadli dan Ganjar lebih banyak bicara tentang burung dara alias merpati. Fadli sedang menggagas membuat komunitas peternak burung itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: