Penerapan Konsep Bioclimatic Architecture Pada Rumah Kos

Penerapan Konsep Bioclimatic Architecture Pada Rumah Kos

Konsep biophilic selanjutnya diterapkan pada fasilitas bersama. Dimulai dengan area komunal. Berisi meja dan kursi tempat penghuni menyambut tamu. Juga bisa dimanfaatkan sebagai spot beraktivitas saat bosan di kamar. Di dekatnya terdapat dapur bersih umum.

RUANG KOMUNAL dengan dapur yang mengakomodasi kebutuhan mahasiswa untuk bersosialisasi. 

’’Manusia itu makhluk sosial. Sehingga mereka butuh untuk berkomunikasi, bersosialisasi, serta berinteraksi dengan orang lain. Apalagi rumah kos ini pangsa pasar utamanya mahasiswa,’’ papar Andy. ’’Jadi saya merasa setiap rumah seharusnya menempatkan tempat yang mengakomodasi kebutuhan untuk sosialisasi itu,’’ jelas Andy.

Ada satu lagi area untuk memanjakan penghuni di rooftop. Berupa ruang terbuka yang dilengkapi bangku besi dan taman kering. Tempat itu biasa dimanfaatkan sebagai jemuran. Perpaduan ide bioclimatic dan biophilic bisa digunakan sebagai solusi menyediakan rumah masa kini yang sehat dan aman. (Retna Christa-Ajib Syahrian)

RUMAH KOS mendukung prinsip go green dengan menyediakan parkir sepeda.

TANGGA dan dinding lorong sengaja dibiarkan tanpa cat. Tujuannya untuk menghemat biaya finishing. Tapi malah berkesan kekinian. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: