Psy dan Perubahan Hidupnya berkat Gangnam Style

Psy dan Perubahan Hidupnya berkat Gangnam Style

KONSER PSY di Korean University, Seoul, 27 Mei 2022, yang masih memukau khalayak.-Anthony Wallace-AFP-

SEOUL, HARIAN DISWAY - Ada capaian penting yang hinggap pada Psy, rapper dan produser dari Korea Selatan, menyusul rilis Gangnam Style di YouTube pada 15 Juli 2012. Itulah video pertama yang meraih satu miliar penonton di kanal tersebut. Itu pula yang berhasil meraih hal yang sebelumnya tidak bisa digapai oleh para artis Korea lainnya: menjadi fenomena global.

Ya, boleh dibilang bahwa Gangnam Style adalah pendobrak kukuhnya benteng industri hiburan dunia yang dikuasai Barat. Setelah itu, arus entertainer dari Negeri Ginseng tersebut seolah tak terbentung.

Bagi Psy, lagu itu adalah penghargaan terbesar dalam hidupnya. Meskipun, di puncak ketenarannya, lagu itu juga membuatnya ’’tertekan’’. ’’Rasanya berat. Sebab, saya seperti dituntut untuk punya lagu lagi yang sekuat itu,’’ kata lelaki bernama asli Park Jae-Sang tersebut kepada Agence France-Presse.

Di puncak popularitas itu, Psy seperti ada di mana-mana. Ia pernah sepanggung dengan Madonna. Lelaki 44 tahun tersebut juga memimpin flash mob di depan Menara Eiffel. Juga tampil di depan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Gaya naik kuda ala Psy begitu tenar. Jadi ikon.

Ketenaran itu membuat Psy ’’bergantung’’ pada Gangnam Style. ’’Tetapi, itu dulu. Sepuluh tahun lalu. Sekarang, saya sudah bebas,’’ ucapnya.

Setelah Gangnam Style, Psy meluncurkan tiga album. Yang terakhir bertajuk Psy 9th. Dirilis pada April 2022. Produsernya adalah P Nation, perusahaan rekaman dan agen artis yang didirikan Psy pada 2019. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: