Pengaruh World Superbike Terhadap UMKM NTB

Pengaruh World Superbike Terhadap UMKM NTB

Ajang balap motor kelas internasional, World Superbike (WSBK) 2021 telah berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 19-21 November 2021. Dalam acara ini juga diadakan NTB Expo 2021 yang diikuti oleh 330 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Beberapa di antara mereka memasarkan produk kerajinan lokal, salah satunya adalah Dhafi Pearl yang menawarkan berbagai produk perhiasan mutiara, mulai dari cincin, gelang, anting hingga kalung. Harga jualnya berkisar dari Rp 35.000 – Rp 1.900.000.

Pemilik Toko Dhafi Pearl Lasmini mengatakan produk yang paling laris adalah set perhiasan mutiara air tawar. Ia juga menilai bahwa sambutan dari para pengunjung cukup positif dan omzet yang didapatkan juga cukup memuaskan setelah mengalami zero income selama pandemi.

“Euforianya itu lumayan, karena kebanyakan penontonnya di luar. Mutiaranya banyak peminatnya,” kata Lasmini kepada awak media, Minggu (21/11/2021).

Ke depannya, Dhafi Pearl berharap bisa mendapat pelatihan-pelatihan dari pemerintah, dan juga bisa diberi kesempatan untuk memasarkan produknya di pameran-pameran lain.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB Yusron Hadi mengatakan produk-produk UMKM yang turut meramaikan NTB Expo 2021 dan terbilang banyak peminatnya adalah kriya fashion, produk kosmetik dan kuliner. (Noor Arief)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: