77,5 Persen Pelanggan PDAM (Masih) Bertarif Subsidi

77,5 Persen Pelanggan PDAM  (Masih) Bertarif Subsidi

Pemerataan air juga jadi pekerjaan rumah (PR) besar. Kawasan tengah kota memiliki tekanan paling baik. Air menyala selama 24 jam. Namun, masih ada wilayah yang sulit dapat air. Warga harus bergadang untuk mendapat air.

”Tekanan minimal 0,2 bar. Artinya, air bisa keluar di ketinggian 2 meter,” lanjut alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, itu. Selain teknologi pabrik PDAM, pemerataan bisa terwujud saat warga tengah kota berhemat air.

Ia berharap agar semua karyawan terjun ke lingkungan masing-masing untuk mengampanyekan hemat air. Sebab, rata-rata penggunaan air warga Surabaya mencapai 200 liter per hari per orang. ”Itu boros sekali,” lanjutnya.

Semua karyawan PDAM harus memiliki kartu nama. Terutama yang berhadapan langsung dengan pelayanan. Mereka diminta menampung keluhan masyarakat.

Keluhan itu bakal digunakan sebagai bahan penyusunan rencana perusahaan. Arief merasa perencanaan perusahaan yang disusun direksi dan manajemen terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. ”Jadi, kita harus banyak mendengar,” kata penerus Mujiaman Sukirno (eks Dirut PDAM) itu.

Sekretaris Dewan Pengawas PDAM Surya Sembada Sunarno mengatakan, peringatan HUT PDAM seharusnya dihadiri Wali Kota Eri Cahyadi. Namun, sang wali kota minta acara diundur Jumat pekan depan. ”Beliau enggak mau diwakilkan. Ini jadi penghormatan bagi panjenengan semua karena wali kota ingin hadir langsung,” sebut mantan Plt Dirut PDAM Surya Sembada itu. (Salman Muhiddin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: