Edukasi Isu Bunuh Diri

Edukasi Isu Bunuh Diri

Task Force: Suicide Primary Prevention adalah tugas untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain dan lintas sektor untuk keperluan advokasi dan kampanye terkait pencegahan bunuh diri. Task Force: Suicide Crisis Intervention merupakan upaya mengembangkan konten dan program pemberdayaan individu atau kelompok populasi untuk intervensi penurunan masalah bunuh diri dan kesehatan jiwa lainnya.

Sedangkan Task Force: Suicide Postvention adalah menjalin kerjasama lintas sektor untuk program pemberdayaan penyintas kehilangan bunuh diri dan pemberdayaan masyarakat terkait pasca kematian bunuh diri.

Kegiatan Into The Light Indonesia yang mengedukasi tentang self-love diikuti mayoritas anak muda. (Into The Light untuk Harian Disway)

Soal peliputan media, Benny menyebut, perlu ada pedoman yang sehat, etis dan tidak memicu orang untuk melakukan hal sama. Into The Light merekomendasikan untuk memberi informasi pada masyarakat tanpa sensasi serta menonjolkan perilaku bunuh diri.

”Penyintas kehilangan bunuh diri juga mengalami duka yang kompleks, dapat diberi stigma, dan dapat berpotensi bunuh diri juga. Jadi perlu dikaji kebutuhan dan tantangan mereka saat berduka,” ujarnya.

Sedang bagi anak muda, terutama mahasiswa dan siswa, Benny mengatakan, kebanyakan kasus bunuh diri muncul karena mereka jarang mencari bantuan, dan risikonya sering kali tinggi. Tetapi, lanjutnya, melihat riset sebelumnya, masalah yang dialami kebanyakan adalah bullying, kesepian, masalah dengan orang tua dan keluarga.

Dalam memperluas informasi mengenai isu-isu kesehatan jiwa, pada 2018 Into the Light Indonesia membuat podcast bernama Diskusi Psikologi. Bekerja sama dengan Kantor Berita Radio. Podcast ini bisa didengar melalui berbagai platform seperti Spotify dan sejenisnya. (Ajib Syahrian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: