Ending All of Us Are Dead: Apa Sih yang Terjadi di Rooftop Sekolah?

Ending All of Us Are Dead: Apa Sih yang Terjadi di Rooftop Sekolah?

Seperti biasa, serial orisinal Netflix selalu berakhir dengan open ending. Menggantung. Untuk membuka jalan terhadap season kedua. Begitu juga dengan All of Us Are Dead, serial zombie apocalypse yang dirilis 28 Januari lalu. Scene terakhirnya memancing begitu banyak tanda tanya. Mari kita bahas kemungkinan-kemungkinannya. Hati-hati, tulisan ini mengandung spoiler.

 

ENDING menggantung selalu menjadi topik diskusi yang sangat seru di forum-forum fans. Dan dalam sepekan terakhir, tidak ada perbincangan yang lebih panas daripada akhir All of Us Are Dead. Siapa sih yang dimaksud Nam-ra dengan ’’sebangsaku’’? Dan ketika dia bilang, ’’Mereka kembali,’’ apakah bahaya kembali mengancam? Atau mereka datang sebagai teman?

Well, dari episode pemungkas All of Us Are Dead, ada satu hal yang kita tahu pasti. Bahwa virus Jonas, yang diciptakan oleh guru sains Lee Byeong-chan (diperankan Kim Byung-chul), belum benar-benar musnah. Sebagian besar zombi yang ada di kota Hyosan memang mati dibom. Tapi, seperti halnya manusia, pasti ada mayat hidup yang jadi survivor.

Lalu, masih ada setidaknya dua zombi (dan satu setengah zombi) yang diamankan pemerintah. Mereka adalah anak dan istri Lee Byeong-chan. Ditemukan tentara terikat di dalam rumah, nyaris mati karena kelaparan. Mereka dibawa ke lab untuk diobservasi.

Satu lagi, ada si sembi—setengah zombi—Min Eun-ji (Oh Hye-soo). Nasib cewek ini tragis sekali. Semasa hidup, dia dirundung dan dilecehkan oleh Yoon Gwi-nam (Yoo In-soo) dan kelompoknya. Video telanjang dia disebarkan ke seluruh sekolah. Dan di tengah kekacauan akibat zombie outbreak, dia justru berjuang mencegah video itu beredar.

SETENGAH ZOMBI, Min Eun-ji (Oh Hye-soo), kini menjadi objek penelitian pemerintah. Dia bisa memegang kunci menuju musim kedua.

Tentu saja, dalam upayanya merusak ponsel teman-temannya, Eun-ji digigit Gwi-nam. Namun, dia tidak berubah menjadi zombi. Karena penampilannya masih manusia, dia ikut dievakuasi ke pusat karantina. Di sana, dia menjadikan empat tentara dan seorang kawannya sebagai menu makan siang. Dia berhasil dilumpuhkan, dan berakhir sebagai bahan penelitian.

Dari tiga sosok itu, ada dua hal yang mungkin dilakukan pemerintah. Pertama, membuat antivirus. Lee Byung-chan yang jenius punya database lengkap tentang asal mula penciptaan virus Jonas. Semua ada di laptop yang berhasil diamankan pasukan khusus.

Nah, yang kedua agak ekstrem. Pemerintah bisa menciptakan senjata biologis dengan memanfaatkan virus Jonas. Ini prediksi yang terlalu ’’gila’’. Namun, apa yang bisa kita harapkan dari pemerintah yang mengebom sebuah kota tanpa berusaha mengevakuasi penduduk terlebih dulu?

 

’’Teman-Teman’’ Nam-ra

Empat bulan setelah zombie outbreak di Hyosan, keadaan berangsur pulih. Meski belum sepenuhnya. Nam On-jo (Park Ji-hoo), Lee Su-hyeok (Park Solomon), dan para penyintas lain masih bertahan di pusat karantina. Penjagaan sudah tidak terlalu ketat. Sehingga On-jo bisa menyelinap keluar pagar. Membuat sudut persembahan kecil buat ayahnya, Lee Cheong-san (Yoon Chan-youn), dan teman lain yang jadi korban.

Suatu malam, dia melihat api di kejauhan. Dia sangat yakin, itu adalah Nam-ra (Cho Yi-hyun). Yang menyalakan api di rooftop SMA Hyosan. Pada saat-saat terakhir mereka bersama, Nam-ra bilang sangat ingin berkumpul lagi dengan teman-teman. Mengelilingi api unggun. Bernyanyi bareng. Bercanda. Atau curhat tentang apa saja. 

Sumber: